Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mengurangi Stres

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 12:51 WIB
5-manfaat-air-rebusan-daun-kemangi-untuk-kesehatan-salah-satunya-dapat-mengurangi-stres
Ilustrasi daun kemangi yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan (Sumber: wirestock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Daun kemangi atau basil, bukan hanya sebagai bumbu dapur biasa. Tumbuhan herbal ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad di berbagai budaya di seluruh dunia.

Salah satu cara yang populer untuk mengonsumsinya adalah dengan membuat air rebusan daun kemangi. Selain memberikan cita rasa yang segar, air rebusan daun kemangi ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan.

Dikutip dari Health.Grid.Id, berikut adalah manfaat kesehatan yang terkait dengan air rebusan daun kemangi.

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Air rebusan daun kemangi mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium.

Vitamin A mendukung kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K penting untuk pembekuan darah yang sehat. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

2. Efek Antiinflamasi dan Antimikroba

Daun kemangi mengandung senyawa antiinflamasi dan antimikroba seperti flavonoid dan minyak esensial. Oleh karena itu, daun ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan melindungi dari infeksi. 

Dengan mengonsumsi air rebusan daun kemangi secara teratur, dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

3. Menyegarkan Napas dan Mengatasi Masalah Mulut

Minyak esensial yang terkandung dalam daun kemangi memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau mulut.

Dengan mengunyah daun kemangi segar atau minum air rebusan kemangi setelah makan, dipercaya dapat memberikan napas yang lebih segar.

Baca Juga: 9 Manfaat Air Rebusan Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

4. Mengurangi Stres dan Menenangkan Pikiran

Aroma kemangi memiliki sifat relaksasi yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Dengan meminum air rebusan daun kemangi atau menggunakan minyak esensial daun kemangi dalam aromaterapi, dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.

5. Mendukung Fungsi Pencernaan

Daun kemangi juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Senyawa seperti eugenol dalam kemangi memiliki sifat antimikroba yang dapat melindungi saluran pencernaan dari infeksi.

Selain itu, daun kemangi juga dapat merangsang produksi cairan lambung yang membantu pencernaan makanan.

Baca Juga: Banyak Orang Tidak Tahu! Ada 5 Manfaat Air Rebusan Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Air rebusan daun kemangi adalah cara yang bermanfaat untuk menambahkan nutrisi ke dalam pola makan serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan beragam manfaat kesehatan yang dimiliki, daun kemangi tidak hanya menjadi bumbu masakan, tetapi juga menjadi obat herbal yang luar biasa.



Sumber : Health.Grid.Id


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x