Kompas TV lifestyle kesehatan

Manfaat Air Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 05:00 WIB
manfaat-air-rebusan-daun-kelor-untuk-kesehatan-tubuh-bisa-turunkan-kolesterol-dan-gula-darah
Ilustrasi daun kelor. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Air rebusan daun kelor adalah minuman yang kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bahkan, air rebusan daun kelor disebut sebagai minuman superfood yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki tujuh kali vitamin C lebih tinggi dari jeruk, empat kali lebih banyak vitamin A dari wortel, dan tiga kali protein lebih banyak dari yoghurt,

Dikutip dari HealthGrid.Id, berikut adalah tiga manfaat utama air rebusan daun kelor untuk kesehatan.

Manfaat Air Rebusan Daun Kelor

1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Air rebusan daun kelor telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengurangi konsentrasi glukosa darah setelah konsumsi. Hal ini disebabkan oleh kandungan polifenol seperti quercetin-3-glikosida, rutin, kaempferol, dan glikosida dalam daun kelor.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan penurunan glukosa darah dan perbaikan kadar lipid peroksida, serta penurunan tingkat IL6 dan imunoglobulin A.

Dengan menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat, kita juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Minum Air Rebusan Serai 2 Kali Sehari, Kolesterol Terkendali, Ini Manfaat Lainnya

2. Mencegah Penyakit Jantung

Daun kelor mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta karoten yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dapat berhubungan dengan penyakit jantung.


Selain itu, quercetin dalam daun kelor dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi air rebusan daun kelor, kita dapat menjaga kesehatan jantung kita.

3. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Baik penelitian pada hewan maupun manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol yang signifikan.

Minum air rebusan daun kelor secara teratur dapat membantu mengatasi masalah terkait kolesterol dan menjaga kesehatan jantung kita.

Baca Juga: Minum Air Rebusan Daun Seledri Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Caranya

 

 



Sumber : HealthGrid.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x