Kompas TV lifestyle kesehatan

12 Manfaat dan Resep Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan, dari Diabetes hingga Kulit Sehat

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 06:00 WIB
12-manfaat-dan-resep-teh-daun-sirsak-untuk-kesehatan-dari-diabetes-hingga-kulit-sehat
Daun Sirsak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Daun sirsak secara ilmiah diklasifikasikan sebagai Annona muricata. Daun ini bukan sekadar tanaman  biasa,  tapi  memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mulai dari melawan sel kanker hingga meningkatkan kesehatan kulit.  

Dikutip dari Minerva Natural Health, berikut ini adalah 15 manfaat kesehatan dari daun sirsak yang didukung oleh penelitian yang mendalam.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Daun sirsak dikenal memiliki sifat penenang alami. Segelas teh daun sirsak hangat sebelum tidur dapat membantu merilekskan otot dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Membantu Mengendalikan Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa-senyawa dalam daun ini dapat mengatur kadar glukosa darah dan mencegah lonjakan, membantu mengendalikan diabetes.

Baca Juga: Daun Meniran Dapat Sembuhkan Rabies | NEWS OR HOAX

3. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Daun sirsak mengandung senyawa yang melindungi ginjal dari kerusakan yang disebabkan oleh toksin dan zat berbahaya lainnya. 

4. Mendukung Kesehatan Hati

Daun sirsak kaya akan antioksidan yang melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Daun ini dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan pada hati.

5. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pernapasan

Daun sirsak dapat bermanfaat bagi individu yang menderita kondisi pernapasan seperti asma dan bronkitis. Senyawa-senyawa yang ada dalam daun ini dapat membantu meredakan peradangan dalam sistem pernapasan, memudahkan pernapasan.

6. Meredakan Stres

Daun sirsak memiliki sifat yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Daun ini mengandung senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah dan mempromosikan relaksasi.

Baca Juga: 4 Manfaat Rebusan Daun Sirih bagi Kesehatan, Ini Cara Membuatnya

7. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan




Sumber : Minerva Natural Health


BERITA LAINNYA



Close Ads x