Kompas TV video news or hoax

Daun Meniran Dapat Sembuhkan Rabies | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 16:34 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Beredar video seorang pria menjelaskan khasiat daun meniran bisa obati luka gigitan hewan terkena rabies. Selain itu narator dalam video tersebut juga menambahkan bahwa selain diminum, kita juga dapat menghancurkan 1 genggam daun meniran, kemudian menempelkannya pada luka tersebut sebagai obat luar.

Namun berdasarkan hasil penelusuran, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa tanaman menir dapat menyembuhkan luka gigitan anjing rabies.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, penanganan luka akibat gigitan anjing rabies yang tepat adalah dengan cara mencuci luka gigitan secepatnya dengan sabun atau deterjen pada air mengalir minimal selama 15 menit dan juga segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan kembali pencucian luka lebih lanjut dan mendapatkan Vaksin Anti Rabies (VAR) dan/atau Serum Anti Rabies (SAR) sesuai keputusan tenaga medis.

Jadi, dapat dikatakan video dengan narasi daun meniran yang bisa menyembuhkan luka gigitan anjing rabies adalah informasi yang menyesatkan alias hoaks..



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x