Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Makanan Mengandung Kolagen Tinggi yang Dapat Dikonsumsi

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 01:00 WIB
6-makanan-mengandung-kolagen-tinggi-yang-dapat-dikonsumsi
Ceker ayam, makanan kaya kolagen yang bernutrisi untuk tubuh (Sumber: PIXABAY/jyleen21)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kolagen merupakan senyawa protein yang berperan penting dalam proses pembentukan jaringan tubuh, termasuk kulit. Oleh karenanya, protein ini sering kali dikonsumsi sebagai minuman atau suplemen untuk mempercantik penampilan.

Sayangnya, konsumsi suplemen atau minuman kolagen berlebih justru dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ada berbagai efek samping mengkonsumsi minuman kolagen berlebih, mulai dari alergi, gangguan percernaa, gangguan tidur, hingga batu ginjal.

Melansir dari laman healthline.com, batas aman konsumsi kolagen per hari adalah tidak lebih dari 2,5-15 gram. Meski memiliki batas aman, konsumsi kolagen juga hanya aman dikonsumsi selama 24 minggu.

Baca Juga: 9 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit, Salah Satunya Merangsang Produksi Kolagen

Selain melalui suplemen atau minuman kolagen, protein jenis ini juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Berikut beberapa makanan yang mengandung kolangen tinggi.

1. Daging Ayam

Makanan pertama yang dapat menjadi sumber kolagen alami adalah daging ayam. Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen berasal dari daging ayam. 

Secara spesifik, paha ayam bagian daging yang menjadi sumber kolagen terbaik dari daging ayam. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukan daging ayam, terutama paha ayam pada menu makanan sehari-hari. 

2. Putih Telur

Makanan selanjutnya yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen adalah putih telur. Meski telur tidak mengandung jaringan ikat seperti daging ayam, tetapi putih telur memiliki prolin dalam jumlah tinggi. 

Perlu diketahui bahwa prolin, merupakan salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen pada tubuh. 

3. Sayuran Hijau




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x