Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Sembarangan, Ini 6 Bahaya Konsumsi Minuman Kolagen Berlebihan

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 23:55 WIB
jangan-sembarangan-ini-6-bahaya-konsumsi-minuman-kolagen-berlebihan
Ilustrasi makanan yang mengandung kolagen seperti sarang burung walet (Sumber: ddukang via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Minuman kolagen kini semakin marak dikonsumsi masyarakat. Minuman jenis ini diklaim dmemiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan elastisitas kulit, mengencangkan kulit, hingga mengurangi tanda-tanda penuaan.

Kolagen merupakan senyawa protein yang berperan penting dalam proses pembentukan jaringan tubuh, termasuk kulit. Oleh karenanya, protein ini sering kali dikonsumsi sebagai minuman atau suplemen untuk mempercantik penampilan.

Meski begitu, konsumsi minuman atau suplemen kolagen ini perlu dibatasi agar tak berlebihan. Melansir dari laman healthline.com, batas aman konsumsi minuman kolagen per hari adalah tidak lebih dari 2,5-15 gram.

Baca Juga: 9 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit, Salah Satunya Merangsang Produksi Kolagen

Meski memiliki batas aman, konsumsi kolagen juga hanya aman dikonsumsi selama 24 minggu. Jika berlebihan, konsumsi kolagen justru dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Berikut bahaya mengkonsumsi minuman mengandung kolagen berlebihan.

1. Alergi

Kolagen terbuat dari beberapa bahan seperti sisik ikan atau kulit ikan. Artinya, minuman kolagen bisa saja menimbulkan reaksi alergi, terutama pada orang yang alergi dengan makanan laut.

Reaksi alegi yang dihasilkan dapat bermacam-macam, seperti mengi, kulit gatal, sakit kepala, pingsan, atau yang terburuk meregang nyawa. 

2. Gangguan Pencernaan

Minuman kolagen dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. Gejala yang muncul bisa berupa kram perut, perut kembung, diare, atau sulit BAB.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x