Kompas TV lifestyle kesehatan

Badan Terasa Pegal-Pegal dan Lelah saat Bangun Tidur, Benarkah karena Mimpi?

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 15:30 WIB
badan-terasa-pegal-pegal-dan-lelah-saat-bangun-tidur-benarkah-karena-mimpi
Ilustrasi badan pegal-pegal dan lelah saat bangun tidur. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidur merupakan salah satu cara tubuh beristirahat dengan harapan badan akan terasa segar saat bangun. Namun, sebagian orang merasa pegal-pegal dan lelah saat bangun tidur.

Mengapa hal ini terjadi? Praktisi kesehatan tidur dan konsultan utama Snoring & Sleep Disorder Clinic di Rumah Sakit Mitra Kemayoran Andreas Prasadja menjelaskan bahwa hal ini berkaitan dengan durasi tidur.

Andreas mengatakan bahwa durasi tidur menentukan seseorang dapat bangun dalam keadaan segar atau tidak. Apabila seseorang tidur dengan durasi yang cukup, maka biasanya orang itu akan segar bugar ketika bangun.

Baca Juga: Waspada Bahaya Bergadang! Kurang Tidur Ternyata Ubah Otak Jadi Lebih Tua

Sayangnya, ada satu kondisi atau penyakit gangguan tidur yang dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang.

“Jika ada orang yang bangun tidur tapi tidak segar, ada gejala penyakit yang namanya hipersomnia, yaitu kantuk secara berlebihan,” jelas Andreas, Sabtu (30/9/2023).

Hipersomnia atau kantuk berlebihan, sebut Andreas, rupanya banyak dialami anak muda. 

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu penyakit tidur yang paling banyak dialami oleh orang Indonesia yaitu obstructive sleep apnea (OSA) atau gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur. 

OSA biasanya ditandai ketika seseorang mendengkur saat tidur. Sekitar 18 persen orang Indonesia mengalami gejala dari OSA.

“Masalahnya, orang di Indonesia masih menganggap bahwa mendengkur saat tidur adalah hal yang wajar. Padahal itu merupakan tanda bahaya,” papar dia.

Dikatakan berbahaya karena gangguan pernapasan saat tidur dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, gangguan ereksi pada pria, hingga kematian.


Baca Juga: Menurut Penelitian, 6 Minuman Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidurmu di Malam Hari. Apa Saja?

Tidak Berkaitan dengan Mimpi

Beberapa orang beranggapan bahwa badan lelah saat bangun tidur berkaitan dengan mimpi, khususnya ketika mimpi buruk terjadi. Andreas menegaskan bahwa badan lelah saat bangun tidur tidak berhubungan dengan mimpi.

“Itu hanyalah mitos, yang membuat dia tiap bangun tidak segar itu bukan mimpinya, tapi ada gangguan dalam tidurnya yang harus dilihat lebih dalam lagi,” ucap dia, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Dia menambahkan bahwa mimpi saat tidur sebenarnya bagus. Bahkan, mimpi saat tidur merupakan fase yang penting dalam tidur untuk mempertahankan kemampuan otak, konsentrasi, daya ingat, dan ereksi pada pria.

Baca Juga: Sering Mengantuk padahal Waktu Tidur Sudah Cukup? Mungkin Kamu Mengalami Ini!

Untuk mengatasi badan lelah saat bangun tidur, seseorang harus memperhatikan durasi yang cukup dan jam tidur yang teratur.

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x