Kompas TV lifestyle kesehatan

Sering Mengantuk padahal Waktu Tidur Sudah Cukup? Mungkin Kamu Mengalami Ini!

Kompas.tv - 11 September 2023, 18:25 WIB
sering-mengantuk-padahal-waktu-tidur-sudah-cukup-mungkin-kamu-mengalami-ini
Ilustrasi. Penyebab mengantuk padahal waktu tidur sudah cukup. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernahkah kamu mengantuk padahal jam tidurmu semalam sudah cukup? Kondisi tersebut sering kali dirasakan oleh orang-orang dan bikin khawatir sehingga membuat kita bertanya-tanya.

Tidur di malam hari merupakan sarana bagi tubuh untuk beristirahat dan menyiapkan energi ketika bangun di pagi hari. Namun, meskipun jam tidurmu sudah cukup, tetap ada kemungkinan kamu tetap mengantuk.

Ini sembilan hal yang mungkin menjadi penyebab kamu masih mengantuk padahal jam tidurmu sudah cukup, seperti dilansir Healthline.

9 Penyebab Mengantuk padahal Tidur Sudah Cukup

1. Kualitas Tidur yang Buruk

Selain durasi tidur, kualitas tidur juga penting untuk diperhatikan. Kualitas tidur yang buruk bisa disebabkan karena adanya gangguan tidur seperti apnea tidur atau sleep apnea.

Apnea tidur adalah kondisi saat pernapasan seseorang terhenti saat tidur sehingga dapat membangunkan kita. Meskipun begitu, sleep apnea dapat membuat tidur menjadi nyenyak dan berkualitas.

Untuk mengatasi apnea tidur, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter dan membuat perubahan baru, seperti menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan menggunakan perangkat CPAP yang dapat menjaga saluran udara agar tetap terbuka saat kamu tidur.

Selain sleep apnea, insomnia dan kurang bergerak juga dapat mempengaruhi kualitas tidurmu. Sehingga tubuh dapat mudah lelah dan mengantuk ketika kita tidak beraktivitas fisik.

Baca Juga: Atasi Kecemasan hingga Kesulitan Tidur dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

2. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan Hormon tentunya dapat mengganggu tidur, serta membuat kita mengantuk ketika bangun tidur.

Ketidakseimbangan hormon ini dapat disebabkan karena pengaruh stres atau perubahan jam tidur, dikarenakan hormon stres (kortisol), dan hormon tidur (melatonin) yang memiliki peran penting dalam mengatur siklus tidur hingga bangun tidur.

3. Pola Tidur yang Tidak Teratur

Mungkin kamu terbiasa tidur dengan waktu yang cukup di satu malam, tetapi kemudian waktu tidurmu kurang di malam berikutnya. Hal itu akan membuatmu mengantuk karena tubuh belum dapat menyesuaikan diri. Karena itu, penting bagi kamu untuk memiliki pola tidur yang teratur.

4. Diet dan Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Tahukah kamu, makanan dan minuman yang kita konsumsi sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur? Faktanya, makan makanan yang berat dan terlalu banyak, dapat mengganggu tidurmu.

Selain itu, minuman yang mengandung kafein dapat mengganggu tidur jika dikonsumsi secara berlebihan.

5. Gangguan Kesehatan



Sumber : Healthline.com, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x