Kompas TV lifestyle travel

Terbaru! Ini Daftar 4 Kereta Api Subsidi 2023, Termurah Cuma Rp74 Ribu

Kompas.tv - 17 September 2023, 04:00 WIB
terbaru-ini-daftar-4-kereta-api-subsidi-2023-termurah-cuma-rp74-ribu
Ilustrasi kereta api. Penumpang berjalan di samping gerbong kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (15/4/2023). Daftar kereta api subsidi 2023.  (Sumber: Antara)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut informasi mengenai daftar kereta api subsidi yang menerapkan tarif dengan harga terjangkau. Bisa jadi alternatif untuk bepergian dengan kereta api jarak jauh.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini tengah menjalankan empat kereta api Public Service Obligation (PSO) atau kereta api bersubsidi. Keempat kereta api ini memiliki rute di beberapa kota di Pulau Jawa.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan bahwa tarif yang murah dari kereta api PSO ini dikarenakan adanya subsidi dari pemerintah yang dialirkan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Online Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah

“Dengan adanya subsidi dari pemerintah, tarif KA PSO lebih murah dibandingkan kereta api lainnya dengan jarak yang sama,” jelas Joni, Selasa (12/9/2023).

Meski murah, pelayanan kereta api subsidi ini tetap disesuaikan dengan Standar Pelayanan Minimum yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Untuk Angkutan Orang Dengan Kereta Api.

Kereta api subsidi ini memiliki satu kelas kereta, yakni kelas ekonomi dengan format kursi 2-3. Satu kereta bisa menampung 106 penumpang.

Baca Juga: Diskon 20 Persen Tiket Kereta Jarak Jauh Bagi Penumpang Disabilitas Mulai 17 September

Daftar Kereta Api Subsidi 2023

Melansir akun Instagram resmi @kai121, kereta api subsidi ini memiliki beragam rute dan harga, mulai dari Rp74.000 - Rp104.000. Berikut daftarnya:

1. KA Airlangga




Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x