Kompas TV lifestyle travel

Diskon 20 Persen Tiket Kereta Jarak Jauh Bagi Penumpang Disabilitas Mulai 17 September

Kompas.tv - 11 September 2023, 09:55 WIB
diskon-20-persen-tiket-kereta-jarak-jauh-bagi-penumpang-disabilitas-mulai-17-september
Ilustrasi penumpang PT KAI disabilitas. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memberikan potongan harga tiket kereta api jarak jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi sebesar 20 persen bagi penumpang disabilitas.

Diskon 20 persen ini berlaku untuk keberangkatan mulai Minggu, 17 September 2023.

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa tarif reduksi bagi pelanggan disabilitas ini dimulai bersamaan dengan peringatan "Hari Perhubungan Nasional" yang diperingati setiap tanggal 17 September.

Baca Juga: Update Kebakaran Kantor Kereta Cepat Halim Perdanakusuma, Sumber Api Masih Diinvestigasi

Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan tarif reduksi bagi penyandang disabilitas, yaitu:

  1. Wajib melakukan registrasi di Customer Service Stasiun paling lambat H-2 keberangkatan kereta api. 
  2. Registrasi reduksi disabilitas wajib menggunakan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.
  3. Registrasi dapat diwakilkan kepada orang lain dengan membawa surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas, KTP asli, dan pas foto milik penumpang reduksi disabilitas yang akan didaftarkan.
  4. Registrasi reduksi ini dilakukan hanya sekali saja. Penumpang selanjutnya dapat membeli tiket dengan tarif reduksi melalui aplikasi Access H-45 atau di Loket Stasiun.
  5. Saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta api, pemegang tiket dengan tarif reduksi disabilitas wajib menunjukkan bukti KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas.
  6. Apabila saat proses boarding dan atau pemeriksaan di atas kereta api penumpang tidak dapat menunjukkan KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas, maka tiket dianggap hangus dan penumpang akan diturunkan pada kesempatan pertama.

Baca Juga: Ancol Gelar Program Diskon Hemat Ber-4 sampai Akhir Tahun, Cek Syarat dan Ketentuannya

“Kami harap reduksi ini dapat memudahkan masyarakat penyandang disabilitas yang ingin bepergian dengan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu. KAI telah melengkapi berbagai fasilitas khusus bagi para disabilitas, baik ketika di stasiun maupun di dalam kereta api,” kata Joni, Jumat (8/9/2023).


 

Informasi selengkapnya terkait diskon bagi penumpang disabilitas atau layanan KAI lainnya dapat ditanyakan melalui Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.



Sumber : Kompas TV, PT KAI


BERITA LAINNYA



Close Ads x