Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Cara Alami Hilangkan Mata Panda, Bisa dengan Bahan Kompres Mata Ini

Kompas.tv - 10 September 2023, 15:20 WIB
5-cara-alami-hilangkan-mata-panda-bisa-dengan-bahan-kompres-mata-ini
Ilustrasi mata panda. Berikut cara-cara menghilangkan mata panda atau kantung mata menghitam secara alami. (Sumber: Kontan)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Mata panda atau kantung mata yang gelap kerap dialami sebagian orang dan dapat disebabkan berbagai faktor. Berikut cara-cara mengatasi mata panda agar kantung mata Anda lebih cerah dan segar.

Mata panda atau kantung mata menghitam sendiri dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab seperti kekurangan tidur, dehidrasi, kebiasaan merokok atau minum alkohol, paparan sinar matahari, faktor genetik, hingga faktor usia.

Untuk mengatasi mata panda, banyak klinik kecantikan yang menawarkan paket perawatan. Namun, mata panda dapat dihilangkan sendiri dengan cara-cara alami.

Baca Juga: Cek 6 Bahan Alami Ini, Ternyata Bisa Mengatasi Kulit Kering Kamu, Apa saja?

Sebagaimana disarikan laman resmi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, berikut cara-cara menghilangkan mata panda atau kantung mata menghitam secara alami.

Cara alami hilangkan mata panda

Tidur cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Tidur berkualitas secara reguler dapat mencegah munculnya mata panda.

Ketika tidur, pakailah sandaran sehingga tidak ada cairan yang menggenang di bawah mata. Cairan yang menggenang di bawah mata dapat menyebabkan kantung mata atau mata panda.

Cukup minum

Pastikan Anda mengonsumsi air dalam jumlah cukup sehingga tubuh senantiasa terhidrasi. Tubuh butuh air sebanyak 2-3 liter setiap hari agar tetap terhidrasi.

Kompres dingin

Anda dapat mengompres area mata dengan kain lap yang telah direndam air atau air es. Kompres mata sekitar 10-20 menit dan ganti kain kompres jika sudah dirasa tidak dingin.

Kompres mentimun

Kompres mentimun dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda. Mentimun memiliki sifat pendingin alami yang dapat meredakan mata bengkak serta mata panda.
Kompres area mata dengan irisan mentimun selama 10-20 menit. 

Sayuran ini memiliki kandungan vitamin C dan asam folat yang bisa melawan racun. Selain itu, menitmun mengandung cukup banyak air sehingga membuat area mata lembap.

Kompres kantung teh

Anda dapat mengompres area mata dengan kantung teh untuk menghilangkan mata panda. Caranya adalah rebus dua kantung teh celip hingga mendidih.

Setelah itu, dinginkan kantung teh lalu gunakan untuk mengompres mata. Anda dapat memasukkan kantung teh ke kulkas terlebih dulu agar lebih dingin.

Selain mengupayakan perawatan area mata seperti di atas, Anda juga disarankan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan mata panda. Untuk mencegah munculnya mata panda, pastikan Anda bergaya hidup sehat, meghindari rokok dan alkohol, serta cukupi kebutuhan air minum.

Baca Juga: Cara Cek Kartu JKN KIS PBI-JK Masih Aktif atau Tidak Lewat HP, Iurannya Dibantu Pemerintah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x