Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Fakta Lidah Buaya untuk Mengatasi Lingkaran Hitam, Menurut Penelitian

Kompas.tv - 8 September 2023, 02:00 WIB
fakta-lidah-buaya-untuk-mengatasi-lingkaran-hitam-menurut-penelitian
Ilustrasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata (Sumber: KamranAydinov on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Kenneth Howe, M.D., dokter kulit bersertifikat di Wexler Dermatology, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa penyebab utama lingkaran hitam atau dark circle adalah genetika dan warna kulit, seperti yang dilansir Parapuan.

Area bawah mata dapat terlihat ungu atau kebiruan dikarenakan kulit bagian bawah mata sangat tipis dan tembus pandang, sehingga kita dapat melihat pembuluh darah dengan mudah.

Lingkaran hitam juga dapat terlihat dengan jelas pada orang berkulit putih atau mereka yang memiliki sedikit lemak subkutan yang menopang area di bawah kelopak mata bawah. 

Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kongesti vena. Kongesti vena adalah penumpukan cairan yang menyebabkan darah terkumpul di pembuluh darah superfisial, sehingga membuat lingkaran hitam terlihat lebih gelap saat kita merasa lelah.

Lingkaran hitam dapat semakin memburuk karena kelelahan, stres, kekurangan nutrisi, dan obat-obatan tertentu, ditambah merokok, asupan alkohol yang berlebihan, ketegangan mata, dan iritasi.

Baca Juga: 8 Cara Ampuh Ini Dapat Mengatasi Mata Bengkakmu Sehabis Menangis!

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Lingkaran hitam di matamu dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Dilansir Healthline, berikut ini adalah cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi lingkaran hitam.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi lingkaran hitam

Untuk meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi lingkaran hitam, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit setiap hari dan membiarkannya semalaman.

Kamu juga dapat mencampurkannya dengan bahan lain seperti jus lemon, madu, atau air mawar.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi gel lidah buaya dalam berbagai hidangan, seperti smoothie.



Sumber : Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x