Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Kulitmu Mengalami Luka Bakar di Musim Panas? Begini 8 Cara Mengatasinya yang Wajib Kamu Ketahui

Kompas.tv - 7 September 2023, 13:30 WIB
kulitmu-mengalami-luka-bakar-di-musim-panas-begini-8-cara-mengatasinya-yang-wajib-kamu-ketahui
Ilustrasi Luka Bakar pada kulit wajah. (Sumber: wayhomestudio of Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Musim panas tiba, ini merupakan tanda bahwa seluruh lapisan kulit harus dilindungi dari paparan sinar matahari yang menyengat. Apalagi untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. 

Melindungi kulit di musim panas dapat menghindarkan kulit terbakar, gatal, dan mengelupas dari paparan sinar matahari. 

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena mengobati luka bakar pada kulit dapat menggunakan pengobatan alami dan mudah, seperti yang dilansir Healthline dibawah ini. 

1. Air dingin

Kulit yang dengan luka bakar merupakan adalah tanda dari peradangan pada kulit. Salah satu cara termudah untuk mengobati peradangan adalah dengan mendinginkan area yang terkena luka bakar.

Cara yang efektif untuk mengobati luka bakar pada kulit adalah dengan berendam di air dingin seperti kolam renang atau bak mandi. Jika kamu mencelupkan diri di kolam renang, pastikan air yang kamu gunakan tidak mengandung klorin yang dapat membuat kulitmu iritasi.

Hati-hati jika menggunakan es secara langsung pada kulit, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang sensitif terhadap sinar matahari.

2. Soda kue dan oatmeal

Memasukkan beberapa sendok makan soda kue ke dalam bak mandi berisi air dingin dan berendam selama sekitar 15 hingga 20 menit dapat membantu meminimalkan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Menambahkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi juga dapat meredakan iritasi dan membantu kulit mempertahankan kelembapan alaminya. Perlu diingat untuk tidak menggosokkan kulitmu, kamu cukup mengusap-usap kulitmu hingga kering dengan handuk.

3. Lidah buaya

Gel lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad untuk semua jenis penyakit, dari sakit perut hingga infeksi ginjal. Selain itu, tanaman ini juga merupakan pereda rasa perih pada kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari.

Jika kamu mendapatkan tanaman lidah buaya, kamu dapat mematahkan bagian tanaman dan mengoleskan gel langsung ke kulit. Namun, jika kamu tidak mendapatkan tanamannya, kamu dapat mencoba gel lidah buaya (bukan losion atau salep berbahan dasar lidah buayaa) di sebagian besar apotek.

Baca Juga: 10 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui, Bisa untuk Kesehatan hingga Kecantikan

4. Teh Chamomile



Sumber : Healthline.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x