Kompas TV lifestyle kesehatan

Ramai Menu Diet Tiffany Plate, Ini 8 Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi dalam Kondisi Mentah

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 19:50 WIB
ramai-menu-diet-tiffany-plate-ini-8-sayuran-yang-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-dalam-kondisi-mentah
Ilustrasi sayur bayam (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menu diet Tiffany Plate tengah ramai diperbincangkan oleh pengguna media sosial TikTok. Menu diet jenis ini dipopulerkan oleh seorang influencer bernama Tiffany Magee. 

Lewat akun TikTok miliknya @tiffanyymagee, ia kerap menunjukkan menu makanan yang sering dikonsumsi. Tiffany Plate terdiri dari menu makanan berisi sepiring sayur, buah, dan sosis yang diberi mustard sebagai perasa. 

Menu makanan tersebut diyakini dapat menurunkan berat badan. Sayangnya, sayuran yang digunakan dalam menu Tiffany Plate dikonsumsi dalam kondisi mentah atau tidak dimasak terlebih dahulu.

Hal ini cukup berisiko bagi kesehatan tubuh, pasalnya ada beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi mentah alias harus dimasak. Melansir laman WebMD, ahli gizi Pooja Malhotra mengatakan, beberapa sayuran jika dimakan mentah bisa menyebabkan gangguan pencernaan. 

Konsumsi sayuran mentah dianggap tidak aman karena dikhawatirkan ada cacing di dalam makanan. Proses memasak atau memanaskan makanan bisa mempermudah pencernaan dan membunuh cacing. 

Baca Juga: Chicken Paleo Booster Menu Diet Ala Chef Alit

Berikut daftar sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kondisi mentah.

1. Brokoli dan Bunga Kol

Sayuran brokoli sulit dicerna jika dimakan mentah. Oleh karena itu, mengukus atau menumis brokoli adalah pilihan yang baik jika menginginkan nutrisinya.

Sama seperti brokoli, makan kembang kol mentah tidak baik untuk pencernaan. Mengukus atau menumis kembang kol adalah pilihan yang lebih baik jika ingin mendapatkan manfaat nutrisinya.

Terlebih, keduanya kerap menjadi sarang ulat sayuran yang bersembunyi di sela-sela tangkai.

2. Bayam

Bayam mentah memang boleh dimakan secara langsung dan tidak berbahaya.  Namun, memasak bayam membantu melepaskan kandungan zat besi dan magnesium sehingga lebih sehat untuk tubuh. 

3. Terong

Terong mengandung solanin, sehingga tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah. Makan terong mentah bisa menyebabkan masalah pencernaan dan keracunan solanin. 

4. Kentang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x