Kompas TV lifestyle kesehatan

Rahasia Rambut Kuat dan Sehat di Cuaca Panas: 9 Panduan Lengkap dari Ahli Kulit

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 13:27 WIB
rahasia-rambut-kuat-dan-sehat-di-cuaca-panas-9-panduan-lengkap-dari-ahli-kulit
Ilustrasi rambut kusut dan kering (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS TV - Cuaca panas yang terjadi di berbagai daerah dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti seperti rambut rontok yang berlebihan, rambut kusut, kulit kepala gatal, dan rambut kering.

Tidak hanya itu, rambut juga dapat menjadi lebih rapuh dan keras. Tentunya hal tersebut dapat membuat kita kurang percaya diri saat beraktivitas di luar ruangan.

Untuk membuat rambut kembali dengan kuat dan sehat, maka diperlukan pencegahan kerusakan rambut dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat seperti mengikuti beberapa tips yang diberikan oleh Dokter spesialis kulit di Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani di India, dr. Trupti D Agarwal, seperti yang dilansir dari India Today.

1. Jangan terlalu sering keramas

Saat terkena cuaca panas, rambut dapat menjadi kering lebih cepat akibat terkena paparan sinar matahari, klorin, dan air asin dari keringat. Meskipun begitu, tidak disarankan untuk terlalu sering keramas.

Namun, jika kita tetap ingin berkeramas karena kita berkeringat secara berlebihan, kita dapat keramas dengan sampo yang lembut dan menggunakan kondisioner.

2. Hindari menggunakan alat penataan rambut yang panas

Alat penataan rambut yang panas dapat merusak rambut, terlebih saat cuaca sedang panas. Untuk mencegah kerusakan, gunakan semprotan pelindung panas sebelum menggunakan alat penataan rambut.

Baca Juga: 5 Penyebab Kerontokan Rambut pada Perempuan, Simak Cara Mengatasinya!

3. Mengenakan topi atau syal

Rambut sama seperti kulit yang membutuhkan perlindungan dari sinar UV matahari. Saat melangkah keluar rumah, kenakan topi atau syal agar rambut tetap terlindung dari sinar matahari dan membantu mencegah rambut menjadi kering, rapuh, dan rusak.

4. Melakukan pemangkasan secara teratur



Sumber : India Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x