Kompas TV lifestyle kesehatan

Waspada di Tengah Polusi Udara, 7 Makanan Ini Bisa Bantu Bersihkan Paru-Paru

Kompas.tv - 22 Agustus 2023, 06:50 WIB
waspada-di-tengah-polusi-udara-7-makanan-ini-bisa-bantu-bersihkan-paru-paru
Ilustrasi bawang putih. Bawang putih disebut sebagai bahan makanan yang mampu membersihkan paru-paru. (Sumber: Freepik/stockking)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kualitas udara yang buruk dan penuh polusi dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia. Meski tidak terasa secara langsung, polusi udara dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), penyakit kardiovaskular, penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit paru akut, dan kanker paru-paru.

Di tengah kualitas udara yang dipenuhi polusi seperti saat ini, penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Terutama, untuk memastikan paru-paru dalam kondisi yang sehat dan terjaga.

Sebenarnya, paru-paru adalah organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri, setelah terbebas dari paparan asap dan zat berbahaya. Namun, untuk membantu proses pembersihan diri paru-paru, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. 

Baca Juga: Anak di Purwakarta Kecanduan Hirup Bau Bensin, Harus Berhenti Sekolah & Derita Penyakit Paru-Paru!


Melansir dari laman healthline, ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang dapat membantu proses menghilangkan iritasi serta lendir di dalamnya.

Berikut makanan yang dapat membantu membersihkan paru-paru:

1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai makanan yang dapat membantu membersihkan paru-paru. Sebab, bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. 

Kadar allicin di dalamnya bisa melawan infeksi dan peradangan. Bawang putih juga dipercaya sebagai makanan yang efektif meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko paru-paru.

2. Jahe

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki membuat jahe punya kemampuan untuk membantu membersihkan paru-paru. Caranya, cukup minum secangkir teh jahe setiap pagi. 

Untuk menambah rasa, dapat mencampurnya dengan irisan lemon dan madu. Campuran ini dapat membantu mengeluarkan zat-zat tertentu dari saluran pernapasan, termasuk di antaranya lendir.

3. Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Teh hijau memiliki senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada paru-paru.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x