Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Kebiasaan pada Malam Hari Ini Diyakini Dapat Membuat Panjang Umur

Kompas.tv - 22 Agustus 2023, 06:30 WIB
4-kebiasaan-pada-malam-hari-ini-diyakini-dapat-membuat-panjang-umur
Ilustrasi. Kebiasaan kita sehari-hari berperan sangat besar dalam menentukan kesehatan, kebahagiaan, bahkan umur. Termasuk kebiasaan kita menghabiskan malam. (Sumber: DragonImages via KOMPAS.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebiasaan kita sehari-hari ternyata memiliki peranan yang sangat besar dalam menentukan kesehatan, kebahagiaan, bahkan umur. Termasuk kebiasaan kita menghabiskan pagi, siang, sore, dan bahkan malam hari.

Zona Biru (Blue Zones) adalah proyek dari Quest Network, Inc, yang mempelajari wilayah-wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih lama dan sehat.

Ilmuwan mengklasifikasikan wilayah-wilayah ini berdasarkan kemampuan penduduk hidup lebih lama daripada penduduk di bagian lain dunia.

Lima Zona Biru yang telah ditemukan antara lain adalah Okinawa (Jepang), Loma Linda (California, AS), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), Ikaria (Yunani), hingga Sardinia (Italia), di mana ditemukan ada warga yang hidup sampai usia 100 tahun.

Dilansir laman Well+Good, Dan Buettner, seorang penulis dan peneliti yang mempelajari umur panjang manusia di beberapa negara Zona Biru, membahas empat kebiasaan yang dapat membantu seseorang memiliki umur panjang.

Berikut ini empat kebiasaan orang-orang yang hidup di Zona Biru pada malam hari.

1. Mempertahankan jadwal tidur yang konsisten

Memiliki jadwal tidur yang konsisten, yang melibatkan tidur dan bangun pada waktu yang sama, setiap hari dapat membantu seseorang hidup lebih lama.

Selain itu, jadwal tidur yang konsisten dapat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit dan memperbaiki suasana hati.

2. Tidur yang cukup

Menurut Zona Biru, jika seseorang ingin panjang umur, mereka harus tidur sekitar 8 hingga 10 jam setiap malam untuk membantu memulihkan pikiran dan tubuh.



Sumber : Kompas TV, Times of India, Kompas.com, Wellandgood.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x