Kompas TV lifestyle travel

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara TMII Mulai Dibuka Kembali, Segini Harga Tiketnya

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 11:30 WIB
taman-burung-jagat-satwa-nusantara-tmii-mulai-dibuka-kembali-segini-harga-tiketnya
Spot foto di Taman Burung Jagat Satwa Nusantara TMII (Sumber: KOMPAS.COM /SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apakah Anda sudah ada rencana akan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di mana? Jika belum, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara bisa menjadi pilihan.

Taman burung yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan sudah berdiri sejak 1975 itu mengalami pembaruan konsep dan revitalisasi. Revitalisasi yang dilakukan PT Diandra Mitra Indah pun telah rampung.

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara telah siap menerima pengunjung kembali mulai 17 Agustus 2023, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-78 Republik Indonesia.

Taman burung ini mengoleksi lebih dari 2.000 burung dari 218 spesies yang sebagian besar merupakan burung endemik Indonesia yang terawat dan beragam.

Dengan lahan seluas 6 hektare, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara dibagi ke dalam 4 unit yang mewakili kerajaan hewan, yaitu dunia ikan, serangga, amfibi, reptil serta burung. 

Selama proses revitalisasi, semua burung dipindahkan ke tempat karantina untuk menghindari stres dan sakit. Setelah revitalisasi selesai, burung-burung menjalani proses habituasi sebelum memasuki kandang baru.

Baca Juga: Rayakan HUT RI ke-78, yuk Jalan-Jalan ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi!

Berdasarkan penyebarannya di Nusantara, burung-burung ditempatkan di dua kubah.

Kubah Sunda Besar untuk burung dari wilayah Indonesia Barat. Sedangkan kubah Walasia Sahul untuk burung yang berasal dari Pulau Sulawesi, Lombok Timur hingga Papua dan Australia.

Tidak hanya itu, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara juga mengembangkan zona raptor atau burung pemangsa.

Kepala Animal Welfare & Kesehatan Jagat Satwa Nusantara Piter Kombo mengungkapkan Jagat Satwa Nusantara memiliki program-program konservasi untuk burung-burung, seperti memberikan pakan bernutrisi, membuat kandang-kandang yang tampak seperti habitat alaminya (hutan), serta diupayakan saling berpasang-pasangan.

Demi keselamatan dan kesehatan burung, pengunjung tidak diperbolehkan menyentuh kandang. Setiap kandang diberikan pagar pembatas, dan terdapat papan informasi.

Menariknya, setiap hari akan diadakan pertunjukan edukasi untuk pengunjung, termasuk pengalaman berinteraksi dengan burung elang. Namun, jumlah pengunjung dibatasi demi kenyamanan hewan. 

Sejumlah fasilitas seperti taman bermain dan tempat-tempat ikonik membuat taman ini menjadi destinasi edukasi tentang kepedulian pada satwa. Selain itu, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara juga dirancang ramah disabilitas.

Baca Juga: Intip Wajah Baru TMII, Ada Wahana Baru Apa Aja Ya? | JALAN JALAN

Harga Tiket Taman Burung Jagat Satwa Nusantara

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Burung Jagat Satwa Nusantara, Anda dapat membeli tiket seharga Rp50.000 untuk hari biasa (Senin - Jumat), dan Rp60.000 untuk hari libur nasional dan akhir pekan (Sabtu & Minggu).

Sementara jam buka Taman Burung Jagat Satwa Nusantara TMII adalah pukul 09.00-17.00 WIB untuk Senin-Jumat, serta pukul 09.00-18.00 WIB untuk akhir pekan dan libur nasional.

“Aku rasa ini menarik banget ya tempatnya asri. Nggak nyangka banget dari awal tadi datang itu kayaknya kecil tapi begitu masuk tuh ternyata luas banget gitu dan ada beberapa kubah yang memang di sini burung-burung itu bukan di kandang tetapi dibebasliarkan seperti itu. Menarik," ungkap Frans, salah satu pengunjung, kepada KOMPAS TV.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x