Kompas TV lifestyle kesehatan

3 Gerakan Ini Bikin Ampuh Kecilkan Perut Buncit, Bisa Dilakukan Pria dan Wanita!

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 19:00 WIB
3-gerakan-ini-bikin-ampuh-kecilkan-perut-buncit-bisa-dilakukan-pria-dan-wanita
Latihan plank merupakan salah satu latihan olahraga yang cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah, serta memberikan banyak manfaat. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Perut buncit tentu mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dalam aktivitas sehari-hari. Perut buncit kerap menjadi hal yang membuat laki-laki dan perempuan merasa tidak nyaman akan penampilannya.

Perut buncit sendiri ditandai dengan penambahan ukuran lingkar perut dan peningkatan berat badan. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Michael Triangto menyebut buncit atau tidak perut seseorang bisa diketahui lewat mengukur lingkar perut.

"Pada pria, lingkar perutnya tidak boleh lebih dari 90 sentimeter. Sementara lingkar perut wanita tidak boleh lebih dari 80 sentimeter," kata Michael.

Selain mengganggu penampilan, perut buncit yang identik dengan berat badan berlebih meningkatkan risiko kesehatan seperti kolesterol, hipertensi, diabetes, dan  lain-lain.

Baca Juga: Deteksi Kanker Serviks Bisa Lewat Urine, Begini Caranya

Apabila seseorang memiliki perut buncit, bagaimana cara mengecilkannya? Tentu terdapat beberapa cara untuk mengecilkan perut buncit. Salah satunya dengan gerakan olahraga tertentu.

Berikut tiga gerakan olahraga atau workout yang dikenal ampuh mengecilkan perut buncit jika dilakukan secara konsisten.

Gerakan yang ampuh kecilkan perut buncit

Michal Triangto menyatakan, cara mengatasi pwerut buncit harus dilakukan berdasarkan kondisi tubuh seseorang. Ia menyebut terdapat orang yang memiliki berat badan ideal, tetapi masih memiliki perut buncit.

Bagi orang seperti itu, Michael merekomendasikan untuk melakukan latihan gerakan yang konsisten untuk melatih otot perut.

"Bisa juga berat badan seseorang sudah ideal. Namun, lingkar perutnya lebih daripada yang diharapkan dari parameter tadi," ungkap Michael.

Akan tetapi, jika kondisi perut buncit disertai kelebihan berat badan atau kondisi kesehatan lain, maka cara mengatasinya berbeda.

"Kalau yang terkait dengan kelebihan berat badan tentunya kita tidak dapat olah raga saja. Kita juga harus mengatur pola makan," kata Michael.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x