Kompas TV lifestyle tren

5 Peristiwa Penting 6 Agustus: Amerika Jatuhkan Bom di Hiroshima hingga Hari Apresiasi Buruh Tani

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 08:40 WIB
5-peristiwa-penting-6-agustus-amerika-jatuhkan-bom-di-hiroshima-hingga-hari-apresiasi-buruh-tani
Foto handout ini diambil 6 Agustus 1945 oleh Angkatan Darat AS dan dirilis oleh Hiroshima Peace Memorial Museum, menunjukkan asap bentuk jamur dari ledakan bom atom yang dijatuhkan dari B-29 Enola Gay di atas Kota Hiroshima. (Sumber: AFP PHOTO/HIROSHIMA PEACE MEMORI)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada banyak peristiwa bersejarah terjadi pada tanggal 6 Agustus, salah satunya Amerika menjatuhkan bom di Hiroshima, Jepang dalam Perang Dunia II hingga perayaan hari-hari nasional di berbagai negara.

Tahun ini, tanggal 6 Agustus jatuh pada Minggu (6/8/2023), tidak ada salahnya untuk mengetahui peristiwa penting apa yang terjadi pada hari ini.

1. Bom Hiroshima

Pada tanggal 6 Agustus 1945, selama Perang Dunia II, pembom B-29 Amerika menjatuhkan bom atom pertama di dunia yang dinamakan Little Boy di atas kota Hiroshima, Jepang.

Ledakan tersebut langsung menewaskan sekitar 80.000 orang dan puluhan ribu lainnya juga meninggal kemudian karena paparan radiasi.

Tiga hari setelah Amerika menjatuhkan bom Hiroshima, B-29 kembali menjatuhkan bom atom lainnya di Nagasaki, menewaskan sekitar 40.000 orang.

Baca Juga: Jokowi Bertemu PM Jepang di Hiroshima, Sepakat Perluas Kerja Sama Dua Negara

Buntut pemboman 2 kota itu, Kaisar Jepang Hirohito mengumumkan penyerahan tanpa syarat negaranya dalam Perang Dunia II dalam pidato radio pada 15 Agustus, mengutip kekuatan dahsyat dari "bom baru dan paling kejam".

Setiap tahun, Hiroshima menggelar upacara untuk menghormati orang-orang yang tewas akibat bom atom tersebut. 

Jepang juga mengundang para duta besar dari negara lain untuk ambil bagian dalam upacara peringatan.

2. Hari Kemerdekaan Jamaika

Pada tahun 1509 Jamaika merupakan koloni Spanyol. Lalu pada Mei 1655, Inggris mengambil alih pulau itu selama Perang Inggris-Spanyol.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x