Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Cara Menghilangkan Karang Gigi di Rumah dengan Bahan-bahan yang Mudah Dijumpai

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 08:11 WIB
10-cara-menghilangkan-karang-gigi-di-rumah-dengan-bahan-bahan-yang-mudah-dijumpai
Ilustrasi sikat gigi. Cara menghilangkan karang gigi di rumah (Sumber: RSUD Dr Soeroto Ngawi)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada sejumlah cara menghilangkan karang gigi di rumah menggunakan bahan-bahan yang mudah dijumpai agar gigi terlihat lebih bersih dan sehat.

Melansir rsa.ugm.ac.id, Minggu (6/8/2023), karang gigi atau dental calculus adalah deposit plak atau sisa makanan yang mengandung bakteri yang menempel pada gigi dalam jangka waktu lama yang mengalami pengerasan.

Mikroorganisme tersebut yang mengolah sisa makanan/plak yang menempel di permukaan gigi, dengan bantuan saliva/air liur, mengubah konsistensi lapisan ‘lembut’ plak menjadi keras. 

Tidak hanya membuat napas menjadi tidak sedap, karang gigi juga dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi pada gusi, biasa disebut gingivitis.

Jika gingivitis tidak ditanggulangi dengan baik maka peradangan akan berlanjut ke jaringan periodontal hingga tulang alveolar gigi yang disebut periodontitis. 

Peradangan yang sudah mengenai jaringan periodontal gigi hingga tulang alveolar gigi, maka gigi akan goyah dan bisa terlepas sendiri.

Baca Juga: Ada Orang Sikat Gigi Tanpa Kumur, Ternyata Lebih Efektif Asalkan...

Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan karang gigi agar tidak mengganggu kesehatan mulut.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

1. Sikat gigi secara teratur

Sikat gigi dua kali sehari selama 2 menit akan menghilangkan plak atau mencegah karang gigi.

Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke dalam mulut. Pastikan untuk menyertakan permukaan yang sulit dijangkau di belakang gigi dan geraham belakang.

2. Soda kue

Mengutip NDTV, soda kue dapat membantu menghilangkan karang gigi. Caranya, campurkan soda kue dengan garam, atau cukup gunakan soda kue.

Sebelumnya, bilas dulu mulut dengan air hangat. Anda juga bisa mencampur soda kue dengan pasta gigi dan menyikat gigi dengannya.

Sebagai catatan, jangan berlebihan menggunakan soda kute karena dapat merusak enamel gigi. Gunakan salah satu dari teknik ini dua kali seminggu untuk melihat hasilnya.

3. Jambu

Daun serta buah jambu disebut dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi secara alami serta mengurangi pembengkakan gusi.

Caranya, kunyah daun jambu biji bersih setiap hari dan memuntahkannya. Ini akan mengurangi risiko penumpukan plak pada gigi.

Anda juga bisa mengambil jambu mentah, taburkan garam di atasnya dan kunyah sekali atau dua kali sehari.



Sumber : ugm.ac.id, NDTV


BERITA LAINNYA



Close Ads x