Kompas TV lifestyle tren

Jangan Beli Racun Dulu, Ternyata Garam Bisa Basmi Tikus di Rumah, Begini Caranya

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 12:46 WIB
jangan-beli-racun-dulu-ternyata-garam-bisa-basmi-tikus-di-rumah-begini-caranya
llustrasi tikus. Cara membasmi tikus menggunakan garam. (Sumber: Pexels/DSD)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kehadiran tikus di rumah sangat menganggu. Hewan pengerat ini mungkin membuat pakaian tak lagi utuh, mencuri makanan, hingga mengundang penyakit. Simak langkah membasmi tikus secara alami.

Biasanya, kita langsung membeli racun tikus karena itu merupakan cara yang paling populer digunakan untuk membasmi pengerat ini. Ternyata, ada cara yang lebih mudah dan alami, yaitu menggunakan garam.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Usir Tikus dari Rumah: Bawang Putih, Kulit Jeruk, hingga Cengkeh

Bagaimana garam membunuh tikus?

Melansir AZ Animals, tikus dapat mati dalam waktu sehari atau kurang setelah mengonsumsi garam. Namun, dosis yang mematikan akan membutuhkan mereka untuk mengonsumsi setidaknya 80 gram (0,17 pon) garam. 

Tikus tidak dapat bertahan dengan lebih dari 70 hingga 75 gram (0,16 pon) garam dalam tubuh mereka.

Kelebihan konsumsi garam dapat menyebabkan masalah neurologis serius seperti kelumpuhan otot, tuli, kebutaan, dan kelemahan umum pada tikus. 

Selain itu, mereka dapat mengalami gangguan pencernaan dan peradangan sistem tubuh secara keseluruhan. Tubuhnya yang kecil membuat tikus memproses garam berlebih dengan cepat sehingga efek negatifnya muncul lebih cepat dibandingkan manusia.

Tikus mungkin dapat mengatasi dampak garam berlebih dengan minum air. Jadi, tutup semua sumber air.

Baca Juga: Tak Perlu Obat, Ini Cara Usir Nyamuk Hanya Pakai Serai, Dijamin Ampuh!

Cara membasmi tikus menggunakan garam

American Psychological Association menyatakan bahwa tikus umumnya tidak menyukai makanan yang mengandung garam. Natrium klorida bukanlah pilihan makanan umum bagi tikus, kecuali jika terdapat secara alami dalam makanan yang mereka konsumsi. 

Oleh karena itu, tikus tidak mencari lebih banyak garam, karena mereka sudah mendapatkan jumlah yang cukup dari makanan yang ada.


Tikus tidak akan makan garam dalam bentuk mentahnya, meskipun itu adalah bahan yang umum. Jadi Anda bisa menambahkannya dengan bahan makanan lain.

Menambahkan 100 gram garam ke camilan dan manisan yang disukai tikus adalah cara mudah untuk membuat mereka kelaparan sampai mati dengan pola makan yang buruk.



Sumber : AZ Animals


BERITA LAINNYA



Close Ads x