Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Bahan Alami yang Ampuh Usir Tikus dari Rumah: Bawang Putih, Kulit Jeruk, hingga Cengkeh

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 14:50 WIB
5-bahan-alami-yang-ampuh-usir-tikus-dari-rumah-bawang-putih-kulit-jeruk-hingga-cengkeh
Ilustrasi membasmi tikus pakai bahan alami. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tikus merupakan hewan pengerat yang sering dianggap sebagai hama di berbagai tempat, mulai dari rumah, pertanian, hingga tempat-tempat umum. 

Selain menyebabkan kerusakan pada properti dan makanan, tikus juga dapat membawa berbagai penyakit berbahaya bagi manusia. Hal ini tentunya sangat mengganggu.

Sebagai solusi alami yang ramah lingkungan, mengusir tikus dengan menggunakan aroma yang tidak disukai oleh mereka adalah pilihan yang efektif dan aman.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Ampuh Usir Nyamuk, Cocok Ditanam di Sekitar Rumah

5 Bahan Alami yang Bisa Usir Tikus

Melansir Biotech Termite and Pest, berikut beberapa bahan alami yang mampu mengusir tikus dari rumah. Bahan-bahan ini memiliki aroma yang tidak disukai tikus.

1. Minyak peppermint

Aroma segar dari minyak peppermint sangat tidak disukai oleh tikus. Anda dapat menggunakan minyak peppermint murni atau membuat campuran dengan air dan menyemprotkannya di area-area yang rentan diserang tikus, seperti sudut-sudut rumah atau gudang.

2. Kulit Jeruk

Jangan buang kulit jeruk setelah memakan buah jeruk. Ada baiknya untuk memanfaatkan kulit jeruk sebagai alat untuk mengusir tikus.

Tikus tidak menyukai aroma dari kulit jeruk yang kering. Cukup letakkan potongan kulit jeruk di sekitar area masuk atau area yang sering dilalui tikus.

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Lendir dari Paru-Paru dengan Bahan Alami

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki aroma tajam yang mengganggu tikus. Anda dapat menempatkan cengkeh utuh atau bubuk cengkeh di sekitar area yang sering dikunjungi oleh tikus. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat digunakan sebagai alternatif.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang tikus tidak menyukainya. Anda dapat menempatkan siung bawang putih di area yang rawan diserang tikus atau mencampurkan bawang putih dengan air dan menyemprotkan campuran tersebut.

Baca Juga: 3 Bahan Alami ini Bisa Membersihkan Ginjal dari Racun, Bisa Dibuat di Rumah

5. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang aroma kuatnya dapat mengusir tikus. Tempatkan daun kemangi di sekitar area yang ingin Anda lindungi dari tikus.



Sumber : Biotech Termite and Pest


BERITA LAINNYA



Close Ads x