Kompas TV lifestyle kesehatan

Benarkah Memakan Buah Nanas saat Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran? Ini Faktanya

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 08:10 WIB
benarkah-memakan-buah-nanas-saat-hamil-bisa-menyebabkan-keguguran-ini-faktanya
Ilustrasi buah nanas. Benarkah memakan buah nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran pada kandungan? Berikut faktanya. (Sumber: Sajian Sedap)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Benarkah memakan buah nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran pada kandungan? Berikut faktanya.

Ketika hamil, seorang wanita akan mendengar banyak pemikiran dan pendapat dari teman-teman yang baik hati, anggota keluarga, dan bahkan orang asing. 

Salah satunya adalah anggapan jika memakan buah nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran.

Tapi faktanya, dilansir dari Health Line, Nanas adalah pilihan aman dan sehat selama kehamilan. 

Memakan buah nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran atau mempercepat persalinan ternyata hanya mitos belaka. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa nanas berbahaya selama kehamilan. 

Nanas memang mengandung bromelain, jenis enzim tertentu. Tablet bromelain tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan karena zat tersebut dapat mengurai protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan yang tidak normal.

Namun, kandungan bromelain dalam nanas hanya sedikit sehingga jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak mungkin berdampak pada kehamilan.

Baca Juga: Benarkah Makan Nanas saat Hamil Bisa Memicu Keguguran?

Bolehkah Konsumsi Nanas saat Hamil?

Satu gelas nanas dapat mengandung hampir 100 persen asupan harian yang direkomendasikan bagi seorang wanita hamil akan vitamin C.

Nanas juga mengandung asam folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B-6 (piridoksin). Nutrisi-nutrisi ini penting untuk perkembangan bayi dan kesehatan wanita hamil secara keseluruhan.

Dengan begitu, mengonsumsi nanas juga baik untuk kehamilan asalkan sesuai kebutuhan.

Mengonsumsi nanas mungkin tidak berbahaya untuk kehamilan, tetapi mengonsumsi dalam jumlah besar dapat memiliki efek yang tidak nyaman. 

Asam dalam nanas dapat menyebabkan sakit maag atau refluks. Untuk menghindari efek samping ini, sebaiknya mengonsumsi buah ini dengan secukupnya.

Jadi kesimpulannya, memakan nanas selama kehamilan tidak mungkin menyebabkan keguguran atau mempercepat persalinan.

Apabila masih khawatir tentang mengonsumsi nanas saat hamil, bisa dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang makanan yang aman untuk kehamilan. 

Baca Juga: Mengapa Lidah Terasa Gatal saat Makan Nanas?


 



Sumber : Health Line


BERITA LAINNYA



Close Ads x