Kompas TV lifestyle kuliner

Berbagai Cara Menghilangkan Bau Prengus Kambing, Apa Saja?

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 07:00 WIB
berbagai-cara-menghilangkan-bau-prengus-kambing-apa-saja
Kambing dari Lampung Tengah masuk ke Batam pada bulan Juni 2022. Berikut enam cara menghilangkan bau prengus daging kambing kurban. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hari raya Iduladha 1444 H yang di Indonesia umumnya diperingati pada Rabu (27/6/2023) dan Kamis (28/6/2023) identik dengan penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban kerap disembelih setelah salat id lalu dibagikan ke warga setempat.

Umumnya, masyarakat Indonesia berkurban hewan sapi atau kambing. Namun, kambing kerap dianggap sebelah mata karena "bau prengus".

Bau prengus sendiri dapat dihilangkan dengan berbagai cara. Berikut enam cara menghilangkan bau prengus daging kambing kurban.

Cara menghilangkan bau prengus kambing

Ahli Teknologi Pangan dan Nutrisi Unika Atma Jaya Rianita Pramitasari menjelaskan, bau prengus kambing bisa dihilangkan. Berikut cara menghilangkan bau khas kambing tersebut.

1. Memisahkan lemak daging kambing

Asam-asam lemak yang dapat memunculkan bau prengus banyak terkandung di bagian lemak kambing. Untuk mengurangi bau prengus, warga disarankan memotong dan memisahkan bagian lemak sebelum dimasak.

Baca Juga: Ultraman Ikut Berkurban, Bawa 2 Kambing ke Panti Asuhan!

"Tentu bau prengusnya tidak dapat hilang 100 persen karena di dalam dagingnya ada lapisan lemaknya," kata Rianita sebagaimana dikutip Kompas.com.

2. Jangan mencuci daging kambing

Ketika hendak memasak daging kambing kurban, sebaiknya jangan mencucinya. Pasalnya, bau prengus pada daging kambing dapat berkurang jika tidak dicuci sebelum dimasak.

"Cukup dipisahkan saja jika ada yang kotor," kata Rianita.


3. Tambahkan bahan lain



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x