Kompas TV lifestyle tren

Apa Itu Roleplay yang Viral di TikTok? Ternyata Ini Dampak Positif dan Negatifnya

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 09:06 WIB
apa-itu-roleplay-yang-viral-di-tiktok-ternyata-ini-dampak-positif-dan-negatifnya
Ilustrasi. Apa itu roleplay yang viral di TikTok? (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Baru-baru ini video di media sosial TikTok yang memperlihatkan seorang anak kecil yang dimarahi ayahnya karena ketahuan bermain roleplay menjadi viral.

Roleplay atau biasa disebut RP menjadi fenomena tersendiri di kalangan anak muda, terutama mereka yang aktif bermedia sosial.

Lantas, apa itu roleplay?

Menurut kamus Cambridge, roleplay adalah kegiatan berpura-pura menjadi karakter tertentu, dan berperilaku serta bereaksi seperti karakter tersebut.

Di sosial media, seperti Twitter, Facebook dan TikTok, roleplay adalah permainan yang dilakukan dengan cara berpura-pura menjadi orang lain, baik itu kartun, selebritas, atau orang terkenal lainnya untuk memperoleh kesenangan.

Mereka yang memainkan roleplay di sosial media disebut roleplayer yang artinya pemain roleplay.

Mereka biasanya memiliki komunitas roleplay sendiri dan berinteraksi satu sama lain dengan berpura-pura menjadi karakter orang lain yang dikehendaki.

Roleplayer tidak hanya sekedar berkomunikasi, namun mereka dapat menjalin relasi di dalam dunia roleplay, dapat berupa teman dekat, keluarga, maupun pasangan.

Baca Juga: Kenapa Ada Orang yang Rela Habiskan Uang Ratusan Juta untuk "Menyawer" di Live Streaming TikTok?

Para roleplayer juga dapat melakukan pertukaran gender. Dimana perempuan dapat memerankan menjadi laki-laki, begitu pula sebaliknya

Roleplay tidak selalu negatif, kegiatan ini juga sering diadaptasi dalam bidang pendidikan, psikologi, pembelajaran anak dan lain-lain.

Kendati demikian, roleplay juga bisa berdampak negatif apabila dilakukan dengan cara berlebihan dan tidak dilakukan dengan tujuan positif.

Dampak Positif Roleplay



Sumber : unika.ac.id, cambridge


BERITA LAINNYA



Close Ads x