Kompas TV lifestyle tren

Sejarah Hari Laut Sedunia 2023 Diperingati 8 Juni, Ini Tema, Twibbon dan Ucapannya

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 06:10 WIB
sejarah-hari-laut-sedunia-2023-diperingati-8-juni-ini-tema-twibbon-dan-ucapannya
Ilustrasi, Taman Nasional Bunaken. Sejarah Hari Laut Sedunia yang diperingati tiap 8 Juni (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada hari ini, Kamis (8/6/2023) masyarakat dunia memperingati Hari Laut Sedunia 2023 atau World Ocean Day. Berikut sejarah, tema, twibbon dan quotesnya.

Hari Laut Sedunia diperingati setiap 8 Juni untuk mengingatkan setiap orang tentang peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari.

Laut mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia seperti sumber makanan, sebagai tempat rekreasi hingga sebagai pemersatu dan pemisah suatu bangsa.

Salah satunya Indonesia, yang merupakan negara maritim. Maka dari itu laut memiliki peran yang sangat penting.

Lantas, apa itu Hari Laut Sedunia?

Sejarah Hari Laut Sedunia 2023

Melansir Britannica.com, pada 1992 di Rio de Janeiro, delegasi Kanada yang menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lingkungan dan Pembangunan pertama kali mengusulkan ide hari untuk menghormati lautan.

Baca Juga: Nelayan Makin Nelangsa Akibat Dampak Tambang pasir Laut| Ni Luh

Usulan tersebut kembali disuarakan pada 1998 saat Komisi Oseanografi Antarpemerintah UNESCO menyerukan dukungan untuk melakukan perayaan Hari Laut resmi secara internasional.

Pada 2002 dua organisasi konservasi, World Ocean Network dan The Ocean Project, pertama kali merayakan hari itu bersama dengan jaringan kebun binatang dan kelompok lingkungan mereka di seluruh dunia.

Setelah penggalangan petisi yang sebagian besar dipandu oleh kedua organisasi tersebut, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa secara resmi menetapkan Hari Laut Sedunia pada tahun 2008.

Hari Laut Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Juni untuk meningkatkan kesadaran akan kondisi lautan dan ekosistem laut yang semakin rusak.

Peringatan internasional Hari Laut Sedunia mencakup penyampaian pesan tahunan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menyoroti tantangan yang dihadapi oleh lautan dan ekosistem laut.

Hari Laut Sedunia biasanya dirayakan dengan melakukan seminar dan diskusi yang menyoroti topik dan pengelolaan sains terkait laut, kegiatan anak-anak dan festival film bertema laut, kegiatan mengumpulkan sampah, dan pembukaan pameran bertema laut dan lainnya.

Baca Juga: 5 Juni Memperingati Hari Internasional untuk Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal, Ini Sejarahnya

Tema Hari Laut Sedunia 2023



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x