Kompas TV kuliner cerita rasa

Pindang Ikan Belida, 1 kilo Rp 150.000!

Kompas.tv - 14 Juni 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Saat berkunjung ke Palembang Sumatera Selatan jangan lupakan sajian ikan sungai yang sudah mengakar di kota ini. Tidak hanya itu, ikan sungai diolah menjadi beragam makanan sebut saja pempek, laksan, celimpungan, dan yang akan berubah sekarang pindang.

Pindang di Palembang bukan sajian ikan yang digarami dan dibumbui agar tahan lebih lama. Pindang Palembang merupakan sajian ikan berkuah dengan cita rasa pedas asam, variannya beragam tergantung bahan baku atau bumbu didalamnya.

Pindang khas Sumatera Selatan sebenarnya bermacam-macam menurut daerah asalnya, ada 5 daerah utama asal pindang pindang pegagan. Pindang meranjat, pindang Palembang, pindang Musi Rawas, dan pindang Sekayu yang biasa disebut pindang kuyung.

Pindang kuyung punya ciri khas paling beda yakni kuah yang lebih gelap karena adanya campuran kecap di dalamnya. Dari sekian banyak jenis pindang, pindang belida adalah favoritnya dagingnya lembut dan gurih ikan ini mulai langka akibat eksploitasi berlebih dan sulit untuk dibudidayakan.

Alamat: 

Jl. Lematang No.362, 15 Ilir, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x