Kompas TV internasional kompas dunia

Raja Charles III Kehilangan Indra Perasa, Efek Samping Pengobatan Kanker

Kompas.tv - 15 Mei 2024, 22:53 WIB
raja-charles-iii-kehilangan-indra-perasa-efek-samping-pengobatan-kanker
Lukisan potret Raja Charles III yang dibuat oleh seniman Jonathan Yeo. Foto diterbitkan pada 14 Mei 2024. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Raja Charles III mengaku kehilangan indra perasa sebagai efek samping pengobatan kanker yang ditempuhnya. Raja Inggris Raya itu mengidap kanker dengan jenis yang tidak diungkapkan.

Pihak Istana Buckingham enggan menyebutkan jenis kanker yang dialami Charles dan pengobatan apa yang ditempuh. Namun, pengobatan kanker seperti radioterapi, kemoterapi, dan imunoterapi diketahui dapat memengaruhi indra perasa pasien.

Baca Juga: Momen Perdana Raja Charles III Muncul Usai Divonis Kanker dengan Hadiri Kebaktian di Gereja

Menurut laporan The Daily Beast, Charles mengaku kehilangan indra perasa saat bertemu veteran militer Inggris Raya, Aaron Mapplebeck yang juga dirawat karena kanker testis, Senin (13/5/2024).

Mapplebeck mengaku kehilangan indra perasa usai sembilan pekan menjalani kemoterapi intensif pada 2023 lalu. Saat Mapplebeck mengaku kehilangan indra perasa karena pengobatan kanker, Charles mengakui hal yang sama.

Raja Charles III bertemu Mapplebeck saat mengunjungi Pusat Aviasi Angkatan Bersenjata Inggris Raya. Dalam kesempatan tersebut, anak Charles, Pangeran William juga diresmikan sebagai kolonel kehormatan Korps Udara Angkatan Bersenjata Inggris Raya.

Raja Charles III dibolehkan kembali mengemban tugas publik usai menjalani perawatan kanker per akhir April lalu.

Pada Selasa (14/5), Raja Charles pun menghadiri penyerahan lukisan potretnya di Istana Buckingham. Lukisan ini dibuat oleh Jonathan Yeo dan menggambarkan potret Charles dengan latar belakang warna merah dan kupu-kupu di atas bahu sang raja.

"Ketika saya memulai proyek ini, Yang Mulia Raja masih Yang Mulia Pangeran Wales, dan seperti kupu-kupu yang saya lukis terbang di atas bahunya, potret ini telah berevousi sebagaimana peran subjek (lukisan) dalam kehidupan masyarakat yang telah bertransformasi," kata Yeo dikutip Associated Press.

Baca Juga: Reaksi Raja Charles usai Kate Middleton Umumkan Menderita Kanker, Bangga pada Sang Menantu


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x