Kompas TV internasional kompas dunia

Bentrok di Myanmar, Bendera Pemberontak Karen Berkibar di Pangkalan Militer

Kompas.tv - 16 April 2024, 07:39 WIB
bentrok-di-myanmar-bendera-pemberontak-karen-berkibar-di-pangkalan-militer
Pasukan pemberontak Myanmar hari Senin, 15/4/2024, membakar bendera junta militer Myanmar dan mengibarkan bendera mereka sendiri di sebuah pangkalan militer yang baru saja direbut, sementara seorang komandan pemberontak senior bersumpah mereka akan mempertahankan wilayah strategis dekat perbatasan Thailand itu. (Sumber: The Nation)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

MYAWADDY, KOMPAS.TV - Pasukan pemberontak Myanmar hari Senin, (15/4/2024) membakar bendera junta militer Myanmar dan mengibarkan bendera mereka sendiri di sebuah pangkalan militer yang baru saja direbut. Sementara seorang komandan pemberontak senior bersumpah mereka akan mempertahankan wilayah strategis dekat perbatasan Thailand itu.

Perayaan oleh para pejuang yang terkait dengan Kelompok Etnis Bersenjata Karen National Union (KNU) datang kurang dari seminggu setelah penaklukan Myawaddy, sebuah kota perdagangan kunci di perbatasan barat Thailand.

Direbutknya Myawaddy menandai kekalahan medan pertempuran lain bagi rezim militer yang kuat yang merebut kendali pada tahun 2021 dari pemerintah terpilih yang dipimpin oleh penerima Nobel Aung San Suu Kyi, yang masih ditahan.

Kemarahan yang mereda terhadap junta berubah menjadi gerakan perlawanan bersenjata nasional yang sekarang beroperasi dengan koordinasi bersama kelompok pemberontak etnis yang sudah mapan untuk menantang militer di sebagian besar wilayah Myanmar.

Sejak Oktober lalu, tentara kehilangan kendali atas wilayah kunci di dekat perbatasannya dengan India dan China kepada koalisi longgar pasukan perlawanan yang bersekutu. Kehilangan Myawaddy di perbatasan Thailand bisa lebih merusak pendapatan perdagangan bagi junta.

Dalam wawancara langsung yang jarang terjadi, Kolonel Nadah Htoo, komandan operasional Brigade 6 sayap militer KNU yang merebut pangkalan militer, mengatakan pasukan junta telah mencoba dan gagal merebut kembali wilayah tersebut.

"Mereka gagal dalam melakukan terobosan dua kali," katanya.

Dia menambahkan para pemberontak mengendalikan sebagian besar wilayah dan akan terus mengkonsolidasikan otoritas sebelum menyerahkan administrasi kepada sayap politik KNU, "Operasi militer kami akan berakhir pada akhir April," katanya.

Juru bicara pemerintah militer tidak menjawab panggilan pada hari Senin.

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Terdesak, Alami Kekalahan Besar dari Pasukan Perlawanan di Perbatasan Thailand

Pasukan pemberontak Myanmar hari Senin, 15/4/2024, membakar bendera junta militer Myanmar dan mengibarkan bendera mereka sendiri di sebuah pangkalan militer yang baru saja direbut, sementara seorang komandan pemberontak senior bersumpah mereka akan mempertahankan wilayah strategis dekat perbatasan Thailand itu. (Sumber: The Star)


Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x