Kompas TV internasional kompas dunia

Iran: Serangan ke Israel adalah Tindakan Balasan, Kami Patuhi Piagam PBB dan Hukum Internasional

Kompas.tv - 14 April 2024, 13:16 WIB
iran-serangan-ke-israel-adalah-tindakan-balasan-kami-patuhi-piagam-pbb-dan-hukum-internasional
Serangan rudal Iran ke Israel, Minggu (14/4/2024). (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Iran menyebut serangannya ke Israel pada Minggu (14/4/2024) WIB adalah pembalasan atas serangan Israel terhadap konsulat mereka di Damaskus, Suriah, pada 1 April lalu.

Iran menegaskan pihaknya tetap mematuhi Piagam PBB dan hukum internasional.

Teheran melancarkan serangan ke Israel dengan meluncurkan ratusan rudal dan drone.

Baca Juga: Biden Kecam Serangan Iran usai Bicara dengan Netanyahu, Tegaskan Dukungan untuk Israel

Sebelumnya Iran telah mengeluarkan ancaman kepada Israel seusai konsulatnya di Suriah diserang dan menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi Iran, termasuk dua jenderal.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran melalui Kedutaan Besar Iran di Jakarta pun mengeluarkan pernyataan yang menjelaskan serangan ke Israel.

Kemlu Iran mengungkapkan, negaranya menjalankan hak wajar untuk membela diri seperti yang tercantum dalam Pasal 51 Piagam PBB.

Mereka juga menegaskan bahwa serangan ke Israel merupakan serangan balasan "terhadap agresi militer berulang-ulang rezim Zionis" yang menyebabkan tewasnya para penasihat militer resmi Iran yang hadir di Damaskus atas undangan pemerintah Suriah.

“Langkah hari ini juga sekaligus merupakan pembalasan secara khusus terhadap serangan militer rezim Zionis pada tanggal 1 April 2024 terhadap fasilitas diplomatik Iran di Damasku, Suriah,” bunyi pernyataan Kemlu Iran.

“Republik Islam Iran menggunakan kesempatan ini untuk menekankan kembali kepatuhannya terhadap prinsi-prinsip dan tujuan Piagam PBB serta hukum internasional,” tambahnya.

Mereka juga mengatakan Iran telah mengungkapkan tekad tegasnya untuk mempertahankan kedaulatan, integritas wilayah, dan kepentingan nasionalnya terhadap berbagai bentuk penggunaan kekuatan dan agresi secara ilegal.

Baca Juga: Israel Sebut 200 Rudal Iran Kebanyakan Berhasil Dihancurkan, Bocah 7 Tahun Terluka

Iran juga menyebut serangan ke Israel merupakan "tindakan defensif" untuk membela diri.

“...menunjukkan pendekatan bertanggung jawab Iran terhadap perdamaian dan keamanan regional dan internasional pada saat tindakan ilegal dan genosida yang dilakukan oleh rezim apartheid Zionis terhadap bangsa Palestina, dan agresi militer terhadap pemerintah negara-negara di kawasan dengan tujuan memperluas api peperangan yang terus dilakukan rezim zionis,” sambung pernyataan Kemlu Iran.

Iran menegaskan pihaknya tak akan ragu mengambil "tindakan yang lebih defensif" untuk melindungi kepentingan sahnya, dari tindakan militer agresif dan penggunaan kekuatan ilegal.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x