Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Bagaimana Perang Terbuka antara Israel dan Iran Mungkin Terjadi

Kompas.tv - 14 April 2024, 05:45 WIB
inilah-bagaimana-perang-terbuka-antara-israel-dan-iran-mungkin-terjadi
Uji tembak rudal balistik Iran Januari 2024. Kekhawatiran utama Amerika Serikat dan sekutu Eropa saat ini adalah serangan Israel di Suriah pada tanggal 1 April yang menewaskan beberapa Jenderal Iran dapat mendorong Israel dan Iran ke dalam perang terbuka. Bagaimana perang terbuka Israel dan Iran akan terjadi, dan bagaimana reaksi dan konsekuensi bagi negara-negara Arab bila perang terbuka betulan terjadi. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV - Kekhawatiran utama Amerika Serikat (AS) dan sekutu Eropa saat ini adalah serangan Israel di Suriah pada tanggal 1 April yang menewaskan beberapa Jenderal Iran dapat mendorong Israel dan Iran ke dalam perang terbuka, sesuatu yang telah dihindari selama beberapa dekade.

Hingga saat ini, Iran menggunakan proksi untuk menyerang Israel, dengan satu pengecualian, sementara Israel selalu menghindari serangan udara di wilayah teritorial Iran. Sekarang, Israel bersiap untuk menghadapi serangan balasan atas serangan di Damaskus, yang menimbulkan ketakutan akan konflik regional.

Baca Juga: Pasukan Iran Tangkap dan Sita Kapal Kontainer Israel di Selat Hormuz, Konflik Terbuka di Depan Mata


Bagaimana kemungkinan perang antara mereka akan terjadi?

Dua skenario yang paling mungkin adalah serangan rudal ke wilayah Israel, baik dari proksi di Lebanon atau dari Iran sendiri, atau serangan drone. Kemungkinan lainnya adalah Iran mengarahkan proksi untuk mengerahkan milisi di darat dari Suriah atau Lebanon.

Satu-satunya preseden serangan Iran terhadap wilayah Israel terjadi tahun 2018, ketika Teheran menembakkan roket dari Suriah ke posisi di Dataran Tinggi Golan.

Rincian tentang kemampuan Iran saat ini, seperti yang disampaikan dalam penilaian Badan Intelijen Pertahanan AS yang dirilis pada tanggal 11 April, menunjukkan bahwa serangan Iran terhadap Israel kemungkinan akan menjadi kombinasi dari rudal dan pesawat tak berawak (UAV), atau drone.

"Pasukan rudal Teheran semakin dilengkapi oleh UAV dan menjadi penangkal konvensional utama atas serangan terhadap personel dan wilayahnya," kata badan itu. Ini menambahkan bahwa Iran memiliki "inventaris substansial" rudal balistik dan jelajah yang mampu melumpuhkan target hingga 2.000km, menempatkan Israel jauh dalam jangkauan rudal.

Israel akan merespons dengan serangan balik, termasuk dengan menggunakan pesawat tempur F-35I Adir yang tidak terdeteksi dan pesawat tempur F-15 yang tidak diam-diam. Sebuah F-35 membuat sejarah penerbangan ketika Angkatan Udara Israel mengumumkan pada November bahwa ia telah menembak jatuh rudal jelajah dari tenggara yang menuju ke wilayah udara Israel.

Israel melakukan persiapan untuk kemungkinan serangan Iran dengan mengacaukan sinyal navigasi di atas area metropolitan Tel Aviv awal bulan ini, sebuah demonstrasi kemampuannya.

Kemungkinan lain adalah perang siber. Lebih dari satu dekade yang lalu, malware yang dikenal sebagai Stuxnet mengganggu operasi di fasilitas pengayaan nuklir Iran, diduga merupakan operasi AS dan Israel.

Iran juga meluncurkan serangan sendiri, termasuk serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan komputer dan aliran air untuk dua distrik Israel, menurut Dewan Hubungan Luar Negeri.

Baca Juga: Konflik Israel vs Iran Memanas, Kemlu Minta WNI di 3 Negara Timur Tengah Waspada

Peta Iran dengan ibukota Tehran. Kekhawatiran utama Amerika Serikat dan sekutu Eropa saat ini adalah serangan Israel di Suriah pada tanggal 1 April yang dapat mendorong Israel dan Iran ke dalam perang terbuka. Bagaimana perang terbuka Israel dan Iran akan terjadi, dan bagaimana reaksi dan konsekuensi bagi negara-negara Arab?. (Sumber: AP Graphics)

Bagaimana perbandingan kemampuan militer Israel dan Iran?

Kekuatan Israel jauh lebih unggul dalam teknologi. Namun, Iran memiliki persediaan senjata yang murah namun efektif dalam arsenalnya.

Sejak tahun 2022, Iran telah menyediakan lebih dari 1.000 drone UAV Shahed-136, serta Shahed-131 dan Mohajer-6 UAV, untuk mendukung serangan Rusia di Ukraina.

Pada bulan Mei, Iran mulai membantu Rusia dalam mendirikan fasilitas produksi UAV Shahed-136 di Rusia. Jadi, dapat diasumsikan bahwa Iran memiliki ratusan bahkan ribuan drone satu arah di inventarisnya untuk menyerang Israel.

Israel akan melawan serangan rudal balistik dengan rudal pencegat Arrow-nya, dan serangan drone mungkin dengan sistem pertahanan udara David's Sling dan mungkin dengan sistem bernama Drone Guard buatan ELTA Systems.



Sumber : Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x