Kompas TV internasional kompas dunia

Kesaksian WNI soal Gempa Taiwan M 7,2 Hari Ini: Apartemen Bergoyang seperti di Atas Kapal

Kompas.tv - 3 April 2024, 10:34 WIB
kesaksian-wni-soal-gempa-taiwan-m-7-2-hari-ini-apartemen-bergoyang-seperti-di-atas-kapal
Dari foto yang diambil dari video yang ditayangkan TVBS, tampak sebuah gedung yang roboh sebagian di Hualien, bagian timur Taiwan, Rabu, 3 April 2024. Sebuah gempa besar mengguncang Taiwan pada Rabu pagi dan merobohkan bangunan-bangunan di sebuah kota di bagian selatan Taiwan serta menyebabkan tsunami di pulau-pulau di selatan Jepang. (Sumber: TVBS via AP)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

NEW TAIPEI, KOMPAS.TV - Kustiah (42), Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di New Taipei, Taiwan, menceritakan kondisi pascagempa bumi dengan magnitudo 7,2 mengguncang pada Rabu (3/4/2024) pagi.

Kustiah yang tengah menempuh pendidikan PhD di Taiwan mengaku terkejut dengan gempa yang terjadi lantaran gedung apartemen yang ia tempati bergoyang cukup kencang.

“Kami shock karena apartemen goyang seperti tengah berada di atas kapal di tengah lautan berombak. Kami tinggal di apartemen lantai 4, jadi gempa sangat terasa,” kata Kustiah saat dihubungi Kompas.tv, Rabu.

Baca Juga: Gempa Bumi Kuat Guncang Taiwan, Ada Tsunami dan Bangunan Runtuh

Ia menjelaskan, warga sekitar tidak panik atau berhamburan keluar meski gempa yang terjadi cukup besar. Kustiah bilang, bangunan di Taiwan sudah dirancang tahan gempa.

Sejauh ini, Kustiah sudah merasakan gempa susulan sebanyak lima kali. Saat gempa susulan terjadi, ia dan keluarga berlindung di bawah meja.

“Gempa segini besar nggak terdengar teriakan atau panik, semua tenang-tenang. Aku yang malah shock nangis-nangis, bersama teman seapartemen kami,” ceritanya.

Adapun kondisi warga di sekitar apartemen relatif aman dan tenang seperti biasa.

Anak-anak yang tengah bersekolah di evakuasi ke luar gedung dan mengenakan penutup kepala. Pihak sekolah langsung memberikan informasi kepada para orang tua.

Baca Juga: Gempa Besar Landa Taiwan, Ini Foto-Foto Terbaru dari Lokasi Kejadian



Sumber : Kompas TV, Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.