Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa Besar Landa Taiwan, Ini Foto-Foto Terbaru dari Lokasi Kejadian

Kompas.tv - 3 April 2024, 08:45 WIB
gempa-besar-landa-taiwan-ini-foto-foto-terbaru-dari-lokasi-kejadian
Dalam gambar yang diambil dari rekaman video yang ditayangkan oleh TVBS, terlihat sebuah bangunan yang runtuh sebagian di Hualien, Taiwan timur pada Rabu, 3 April 2024. Gempa bumi dahsyat mengguncang seluruh pulau Taiwan pada Rabu dini hari, meruntuhkan bangunan-bangunan di sebuah kota dan menimbulkan bencana tsunami yang menyapu pantai pulau-pulau di selatan Jepang. (Sumber: TVBS melalui AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Edy A. Putra

TAIPEI, KOMPAS.TV - Gempa bumi dahsyat mengguncang seluruh pulau Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi. Guncangan gempa meruntuhkan bangunan-bangunan di sebuah kota di bagian selatan Taiwan dan menimbulkan tsunami yang menghanyutkan daratan di pulau-pulau selatan Jepang.

Sebuah bangunan berlantai lima di Kota Hualien yang berpenduduk sedikit, tampak rusak berat. Lantai pertama runtuh dan sisanya miring 45 derajat.

Di ibu kota, Taipei, ubin berjatuhan dari gedung-gedung tua dan di beberapa kompleks perkantoran baru.

Layanan kereta api dihentikan di seluruh pulau berpenduduk 23 juta orang itu, begitu pula layanan kereta bawah tanah di Taipei.

Namun keadaan segera kembali normal di Taipei. Anak-anak kembali berangkat ke sekolah dan perjalanan pagi hari tampak normal.

Badan pemantau gempa Taiwan menyebutkan gempa Rabu pagi berkekuatan 7,2 skala Richter, sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) memperkirakan 7,4 skala Richter.

Gempa yang terjadi pada pukul 7:58 pagi waktu setempat tersebut berpusat di titik yang berada sekitar 18 kilometer selatan-barat daya Kota Hualien dengan kedalaman sekitar 35 kilometer.

Baca Juga: Gempa Bumi Kuat Guncang Taiwan, Ada Tsunami dan Bangunan Runtuh

Dari foto yang diambil dari video yang ditayangkan TVBS, tampak sebuah gedung yang roboh sebagian di Hualien, bagian timur Taiwan, Rabu, 3 April 2024. Sebuah gempa besar mengguncang Taiwan pada Rabu pagi dan merobohkan bangunan-bangunan di sebuah kota di bagian selatan Taiwan serta menyebabkan tsunami di pulau-pulau di selatan Jepang. (Sumber: TVBS via AP)

Kepala biro pemantau gempa Taiwan, Wu Chien-fu, mengatakan dampak gempa terdeteksi hingga Kinmen, sebuah pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai China.

Beberapa gempa susulan terasa di Taipei satu jam setelah gempa awal. USGS mengatakan salah satu gempa susulan berkekuatan 6,5 skala Richter dan memiliki kedalaman 11,8 kilometer.

Badan Meteorologi Jepang (JAMA) mengeluarkan peringatan mengenai potensi tsunami setinggi hingga 3 meter di gugusan pulau Okinawa di selatan Jepang.

Gelombang setinggi 30 sentimeter terdeteksi di pesisir pulau Yonaguni sekitar 15 menit setelah gempa terjadi. JAMA mengatakan gelombang kemungkinan juga melanda pantai pulau Miyako dan Yaeyama.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami di Hawaii atau Guam di wilayah Pasifik AS.

Gempa tersebut diyakini merupakan yang terbesar di Taiwan sejak gempa pada tahun 1999 yang menyebabkan kerusakan parah.

Taiwan terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, garis patahan seismik yang mengelilingi Samudera Pasifik tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi di dunia.


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.