Kompas TV internasional kompas dunia

Masih Dicari! 6 Orang Hilang Imbas Ambruknya Jembatan Francis Scott Key Akibat Tabrakan Kapal Kargo

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 10:39 WIB
masih-dicari-6-orang-hilang-imbas-ambruknya-jembatan-francis-scott-key-akibat-tabrakan-kapal-kargo
Momen runtuhnya Jembatan Francis Scott Key akibat ditabrak kapal kontainer di Baltimore, negara bagian Maryland, Amerika Serikat (AS), Selasa (26/3/2024) dini hari. Pihak terkait masih mencari keberadaan enam orang yang dilaporkan hilang pasca peristiwa tersebut. (Sumber: X @YWNReporter)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

BALTIMORE, KOMPAS.TV - Enam orang dinyatakan hilang setelah insiden ambruknya Jembatan Francis Scott Key ke Sungai Patapsco usai ditabrak kapal kargo, Selasa (26/3/2024) pagi waktu Baltimore, Maryland, Amerika Serikat (AS). Orang yang hilang itu diduga merupakan bagian dari kru konstruksi yang tengah mengerjakan perbaikan jembatan.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan detik-detik dramatis ketika kapal kontainer Dali kehilangan tenaga dan menabrak pilar penyangga jembatan, menyebabkan jembatan ambruk beberapa saat kemudian. Kepulan asap hitam tebal sempat terlihat keluar dari kapal tersebut.

Baca Juga: Wacana Kirim Pasukan NATO ke Ukraina Mulai Diserukan, Menlu Hungaria Khawatir Perang Dunia III

Gubernur Maryland Wes Moore segera menetapkan status darurat dan melibatkan badan federal dalam upaya pencarian dan penyelamatan para korban yang hilang.

Dua orang berhasil diselamatkan, dengan satu dalam kondisi serius. Namun, enam orang lainnya masih dalam pencarian di perairan yang bersuhu 8 derajat Celsius.

Baca Juga: Bisakah Resolusi Dewan Keamanan PBB Hentikan Agresi Israel?

“Banyak kendaraan dihentikan sebelum mereka sampai ke jembatan, hal ini menyelamatkan nyawa dengan cara yang sangat, sangat heroik,” ujar MooreRabu (27/3).

Jembatan Francis Scott Key, dibangun pada 1977, merupakan salah satu ikon Baltimore dan menjadi pintu gerbang utama menuju Pelabuhan Baltimore, salah satu pelabuhan tersibuk di pesisir timur AS. Setiap harinya, sekitar 35.000 orang melintas di jembatan tersebut.

Baca Juga: Kapal Kontainer Tabrak Jembatan hingga Runtuh, Wali Kota Baltimore: Seperti Film Laga

Wali Kota Baltimore Brandon Scott menyebut peristiwa ini sebagai "tragedi yang tidak terpikirkan" dan seperti cuplikan dari film laga.

Semua lalu lintas kapal komersial di sekitar lokasi telah dihentikan untuk memperlancar upaya pencarian dan penyelamatan.

Baca Juga: Pelapor Khusus PBB: Israel Lakukan Genosida di Gaza, Jatuhkan 25.000 Ton Bom

"Anda tidak mungkin mengira bakal melihat, secara langsung melihat, Jembatan Key runtuh seperti itu. Itu seperti cuplikan film laga," kata Scott dikutip Associated Press.



Sumber : Associated Press, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x