Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Kecerdikan Trump Menangkan Nominasi Calon Presiden Partai Republik di Pilpres 2024 Amerika

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 07:55 WIB
inilah-kecerdikan-trump-menangkan-nominasi-calon-presiden-partai-republik-di-pilpres-2024-amerika
Kandidat presiden dari Partai Republik mantan Presiden Donald Trump berbicara pada rapat umum kampanye Sabtu, 9 Maret 2024 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS TV - Donald Trump, mantan Presiden AS, hari Selasa, (12/3/2024) kembali menjadi kandidat calon presiden Partai Republik untuk ketiga kalinya berkat serangkaian kemenangan besar yang diraih dengan kecerdikan dalam pemilihan pendahuluan dan kaukus, dengan suara hampir semua delegasi Partai Republik memilihnya.

Associated Press menyatakan Trump sebagai calon yang sangat mungkin pada pukul 11:09 malam EDT, setelah ia memenangkan pemilihan internal Partai Republik di Georgia, Mississippi, dan Washington hari Selasa, (12/3/2024).

Dengan kemenangan tersebut, Trump berhasil mendapatkan setidaknya 126 delegasi gabungan, sehingga suara yang diperoleh Trump dari internal Partai Republik melebihi angka 1.215 yang dibutuhkan untuk menjadi calon yang sangat mungkin.

AP menyimpulkan Trump akan memperoleh cukup delegasi di Washington setelah melihat hasil analisis yang menunjukkan bahwa dia akan memenangkan mayoritas suara di tingkat negara bagian, yang memberinya mayoritas delegasi sebanyak 43.

Delegasi Partai Republik Washington diberikan berdasarkan hasil suara di tingkat negara bagian dan distrik kongres.

Nominasi presiden AS adalah proses di mana partai politik secara resmi memilih kandidat mereka untuk bertarung dalam pemilihan presiden.

Dalam proses ini, delegasi dari setiap negara bagian dan wilayah AS memilih calon yang akan mewakili partai mereka di konvensi nasional.

Delegasi ini adalah perwakilan pemilih yang telah memilih dalam pemilihan pendahuluan atau kaukus di tingkat negara bagian atau wilayah. Tujuan utamanya adalah memperoleh dukungan mayoritas delegasi agar calon tersebut dapat dipilih sebagai kandidat resmi partai untuk pemilihan presiden.

Baca Juga: Resmi, Biden dan Trump akan Kembali Berlaga di Pilpres AS!

Kathie Washington, 63, kiri, menggunakan jarinya untuk menandatangani daftar elektronik sebelum menerima surat suara di daerah pemilihan utara Jackson, Miss., Selasa, 12 Maret 2024, saat dia dan orang lain memberikan suara di pemilihan pendahuluan partai Mississippi. (Sumber: AP Photo)

Kandidat yang memperoleh lebih dari 50% suara di tingkat negara bagian akan memenangkan semua 13 delegasi di tingkat negara bagian.

Begitu juga dengan kandidat yang memenangkan lebih dari 50% suara di suatu distrik kongres, ia akan memenangkan semua tiga delegasi dari distrik tersebut.

Jika tidak ada kandidat yang memperoleh mayoritas suara, delegasi akan dibagi berdasarkan proporsi suara di tingkat negara bagian dan di setiap distrik. Namun, kandidat harus mendapatkan setidaknya 20% suara untuk memenuhi syarat mendapatkan delegasi di Washington.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x