Kompas TV internasional kompas dunia

Resmi, Biden dan Trump akan Kembali Berlaga di Pilpres AS!

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 17:35 WIB
resmi-biden-dan-trump-akan-kembali-berlaga-di-pilpres-as
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan pendahulunya, Donald Trump, dipastikan akan kembali berlaga di Pilpres AS pada 5 November 2024 mendatang setelah keduanya melewati ambang batas delegasi untuk mendapatkan nominasi partai masing-masing, Selasa (12/3/2024) malam waktu setempat. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan pendahulunya, Donald Trump, dipastikan akan kembali berlaga di Pemilihan Presiden (Pilpres) AS pada November mendatang.

Keduanya telah melewati ambang batas delegasi untuk mendapatkan nominasi partai masing-masing. Hasilnya, para pemilih AS akan menghadapi pencoblosan serupa Pilpres 2020 dalam waktu delapan bulan ke depan.

Nominasi tersebut akan diumumkan secara resmi pada musim panas tahun ini.

Hasil nominasi pencalonan Pilpres AS yang diumumkan pada Selasa (12/3/2024) malam sebenarnya tidak mengejutkan, karena baik Biden maupun Trump mendominasi pencalonan sejauh ini.

Baca Juga: Donald Trump Kian Dekat Jadi Presiden AS, Menang Lagi di Pemilihan Pendahuluan Republik

Partai Demokrat dan Republik di AS memiliki aturan yang berbeda untuk pemilihan pendahuluan mereka, namun prosesnya pada dasarnya sama.

Setiap negara bagian diberi sejumlah delegasi partai, yang diberikan secara keseluruhan kepada kandidat pemenang, atau secara proporsional, berdasarkan hasil.

Seorang kandidat Partai Republik harus mendapatkan setidaknya 1.215 delegasi partainya selama musim pemilihan pendahuluan untuk memenangi nominasi presiden, sementara kandidat Demokrat harus mendapatkan 1.968.

Pada Selasa, Partai Republik mengadakan pemilihan pendahuluan di Mississippi, Georgia dan Negara Bagian Washington, dan kaukus di Hawaii.

Sementara itu, Partai Demokrat mengadakan pemilihan pendahuluan di negara bagian Georgia, Washington dan Mississippi, serta di Kepulauan Mariana Utara dan untuk Partai Demokrat yang tinggal di luar negeri.

Baca Juga: Lebih 60 Persen Orang Dewasa di AS Meragukan Kemampuan Mental Biden untuk Periode Kedua



Sumber : BBC/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x