Kompas TV internasional kompas dunia

PM Mundur, Masa Depan Haiti Kini Dipertaruhkan Antara Kekuasaan Politik dan Kekuatan Geng Bersenjata

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 20:30 WIB
pm-mundur-masa-depan-haiti-kini-dipertaruhkan-antara-kekuasaan-politik-dan-kekuatan-geng-bersenjata
Pejalan kaki dan penumpang memenuhi jalan di Port-au-Prince, Haiti, Selasa, 12 Maret 2024. Perdana Menteri Haiti Ariel Henry pada Selasa mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri setelah dewan presiden transisi dibentuk, tunduk pada tekanan internasional untuk memberi jalan bagi dewan presidensial baru. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.TV - Haiti yang sedang dilanda anarki tengah menghadapi dilema besar. Setelah serangkaian perundingan internasional yang sengit di Jamaika, sekelompok negara di Karibia dan Amerika Serikat hari Selasa (12/3/2024) mengumumkan solusi terbaik untuk meredakan kekerasan di Haiti.

Solusi itu melibatkan sebuah dewan yang terdiri dari tokoh-tokoh berpengaruh yang akan memilih pemimpin sementara dan dapat membawa negara menuju pemilihan presiden baru, seperti laporan Associated Press, Rabu, (13/3/2024).

Namun, sambil para pemimpin internasional berbicara kepada media, seorang pemimpin geng bersenjata tiba-tiba mengadakan konferensi pers di Port-au-Prince dan menolak segala solusi yang diusulkan oleh komunitas internasional.

"Rakyat Haiti sendiri yang akan menentukan siapa yang akan memimpin mereka," kata Jimmy "Barbecue" Chérizier hari Senin.

Para ahli menyebut politik Haiti hidup dalam dua dunia yang berbeda selama puluhan tahun. Para politisi dan pengusaha mempertahankan kepentingan mereka secara resmi, tetapi mereka juga menggunakan kekuatan geng untuk menegakkan kehendak mereka di jalanan yang penuh kekacauan.

Baca Juga: PM Haiti Umumkan Pengunduran Diri di Tengah Anarki yang Dipicu Kelompok Bersenjata

Jimmy Chérizier, mantan perwira polisi elit yang dikenal sebagai Barbecue pemimpin geng G9 dan Allies, berjalan pergi setelah berbicara dengan wartawan di lingkungan Delmas 6 Port-au-Prince, Haiti, Senin, 11 Maret 2024. PM Haiti Ariel Henry, hari Selasa pagi (12/3/2024) mengumumkan akan mengundurkan diri. (Sumber: AP Photo)

Mereka yang akan Menentukan Masa Depan Haiti

Perdana Menteri Ariel Henry hari Selasa mengumumkan ia akan mengundurkan diri begitu dewan presidensial transisi dibentuk. Presiden Guyana Irfaan Ali mengatakan dewan transisi akan memiliki tujuh anggota yang memiliki hak suara dan dua yang tidak memiliki hak suara.

Tujuh anggota yang memiliki hak suara termasuk tiga partai politik tradisional, sebuah kelompok masyarakat sipil yang dikenal sebagai Persetujuan Montana, dan anggota dari sektor swasta yang kuat di negara tersebut.

Dewan transisi mencakup peran bagi masyarakat sipil bersama sisi Montana, tetapi beberapa pengamat mengatakan itu masih jauh dari cukup.

"Fakta bahwa masyarakat sipil Haiti dan sektor keagamaan hanya akan memiliki status 'pengamat' pada dewan transisi yang didominasi oleh anggota kelas politik negara yang tercela dan sekutunya seharusnya memberi Anda gambaran banyak," kata Michael Deibert, penulis "Catatan Dari Perjanjian Terakhir: Perjuangan untuk Haiti" dan "Haiti Tidak Akan Binasa: Sejarah Baru-baru Ini."

Baca Juga: Penyebab Anarki Merajalela di Haiti: Pemimpin Pelihara Geng hingga Tumbuh Lebih Kuat dari Pemerintah

Anggota geng G9 dan Keluarga bersenjata berpatroli di penghalang jalan di lingkungan Delmas 6 Port-au-Prince, Haiti, Senin, 11 Maret 2024. PM Haiti Ariel Henry, hari Selasa pagi (12/3/2024) mengumumkan akan mengundurkan diri setelah pembentukan dewan presidensial transisi (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x