Kompas TV internasional kompas dunia

Hamas Tolak Penyelidikan Israel Atas Pembantaian Warga Palestina yang Tunggu Bantuan: Menyesatkan

Kompas.tv - 10 Maret 2024, 11:13 WIB
hamas-tolak-penyelidikan-israel-atas-pembantaian-warga-palestina-yang-tunggu-bantuan-menyesatkan
Jasad warga Gaza yang dibantai Israel hari Kamis, (29/2/2024) saat menunggu bantuan kemanusiaan. Hari Kamis, (29/2/2024), warga Palestina mengepung truk bantuan di Gaza utara yang berakhir pada pembantaian 118 warga Gaza oleh Israel. Tel Aviv mengorganisir serangan tersebut, mengakibatkan pembantaian 118 warga Palestina dan melukai lebih dari 750 lainnya. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

GAZA, KOMPAS.TV - Hamas menolak hasil penyelidikan Israel atas pembantaian warga Palestina yang tunggu bantuan kemanusiaan di Gaza.

Dilaporkan sekitar 118 orang tewas setelah tentara Israel menembaki warga Palestina yang tengah menunggu bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza, Kamis (29/2/2024).

Insiden terseut terjadi di bundaran Nabulsi, yang dilakukan oleh tentara Zionis tersebut.

Baca Juga: Ikuti Kanada, Swedia Kembali Beri Bantuan Dana ke Badan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA

Menurut Israel, tentaranya hanya memberikan tembakan peringatan, setelah melihat sejumlah warga Palestina mendekat.

Bahkan Israel berusaha menyalahkan kerumunan, karena sejumlah korban dilaporkan tewas karena tertabrak dan terlindas truk bantuan.

Pernyataan Israel tersebut pun dibantah oleh Hamas yang menyebutnya palsu dan menyesatkan.

“Investigasi palsu dan menipu ini mengabaikan fakta-fakta tak terbantahkan yang mendokumentasikan bahwa orang-orang Palestina terkena tembakan langsung di bagian atas tubuh dengan maksud untuk mati seketika,” bunyi pernyataan Hamas dikutip dari Middle East Monitor, Sabtu (8/3/2024).

“Berdasarkan dari pemeriksaan jasad para martir, di samping bukti-bukti lain yang membenarkan bahwa mereka sengaja ditembak oleh tentara dan tank,” lanjutnya.

Hamas pun melanjutan bahwa pembantaian itu menjadi bukti dari kriminalitas dan Nazisme daari Israel yang kekurangan nilai kemanusiaan dan moral.

“Ini dan pembantaian lainnya, serta pelanggaran akan tetap menjadi kutukan yang bakal menghantui hingga hak bisa dicapai oleh rakyat Palestina yang berdua, dan para pemimpin serta tentara pendudukan diadili atas kejahatan serta pelanggaran yang mereka lakukan terhadap rakyat Palestina,” ujarnya.

Hamas pun mencatat bahwa pembantaian tersebut harus mendapat pengutukan internasional.

Baca Juga: Biden Makin Frustasi Hadapi Netanyahu, Bakal Paksa Bertemu Agar Lebih Banyak Bantuan Masuk Gaza

“Demi menghindarkan entitas Nazi-Zionis yang mencoba membebaskan tentara terorisnya dari kejahatan yang mereka lakukan tanpa pembenaran, selain kehausan untuk membunuh lebih banyak rakyat kami,” ujar gerakan perlawanan Palestina itu.

Saksi mata sendiri mengungkapkan tentara Israel mendatangi warga Palestina, dan menembaki mereka.

Kerumunan warga pun tak berlarian hingga akhirnya tertabrak dan terlindas truk, sebelum tentara Zionis menembaki mereka.


 



Sumber : Middle East Monitor


BERITA LAINNYA



Close Ads x