Kompas TV internasional kompas dunia

Bos Geng Haiti: PM Ariel Henry Mundur atau Perang Saudara yang akan Mengarah ke Genosida

Kompas.tv - 7 Maret 2024, 06:10 WIB
bos-geng-haiti-pm-ariel-henry-mundur-atau-perang-saudara-yang-akan-mengarah-ke-genosida
Tentara menjaga pintu masuk bandara internasional di Port-au-Prince, Haiti, Senin, 4 Maret 2024. Pihak berwenang memerintahkan keadaan darurat 72 jam mulai Minggu malam menyusul kekerasan di mana anggota geng bersenjata menyerbu dua penjara terbesar dan membebaskan ribuan narapidana selama akhir pekan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.TV - Jimmy Cherizier, bos geng Haiti telah memperingatkan akan terjadinya perang saudara dan "genosida" kecuali Perdana Menteri Ariel Henry mundur dari jabatannya.

Seperti yang diketahui, geng kriminal bersenjata, yang mengendalikan wilayah luas di Haiti melancarkan serangan terkoordinasi untuk menggulingkan perdana menteri ketika dia sedang berada di luar negeri pekan lalu.

Henry, yang seharusnya mundur pada bulan Februari, dilaporkan berada di Puerto Rico, sebuah wilayah Amerika Serikat, pada hari Selasa setelah Republik Dominika menolak izin untuk pesawatnya mendarat. 

"Jika Ariel Henry tidak mengundurkan diri, jika komunitas internasional terus mendukungnya, kita akan menuju langsung ke perang saudara yang akan mengarah ke genosida," kata Cherizier dikutip dari Al Jazeera, Rabu (6/3/2024).

Cherizier yang diketahui merupakan mantan polisi berusia 46 tahun yang dikenal dengan nama Barbecue dan berada di bawah sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa atas pelanggaran hak asasi manusia juga menegaskan dukungannya kepada rakyat kelas pekerja di Haiti.

"Entah Haiti menjadi surga atau neraka bagi kita semua. Tidak mungkin bagi sekelompok kecil orang kaya yang tinggal di hotel-hotel besar untuk menentukan nasib orang-orang yang tinggal di lingkungan kelas pekerja," tambahnya.

Memanasnya situasi di Haiti berawal saat kelompok bersenjata menembaki polisi pada Senin malam di luar Bandara Internasional Toussaint Louverture di Port-au-Prince, saat puluhan karyawan dan pekerja lainnya melarikan diri dari peluru.

Akibat insiden itu, bandara ditutup pada hari Selasa, bersama dengan sekolah dan bank.

Pada akhir pekan, para geng juga menyerbu dua penjara terbesar di Haiti, yang membuat ribuan narapidana melarikan diri.

Baca Juga: Geng Bersenjata Berat Haiti Serbu Bandara Utama, AS Perintahkan Evakuasi Seluruh Warganya



Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x