Kompas TV internasional kompas dunia

Profil Jacob Rothschild, Keturunan Dinasti Bankir Yahudi yang Meninggal di Usia 87

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 12:00 WIB
profil-jacob-rothschild-keturunan-dinasti-bankir-yahudi-yang-meninggal-di-usia-87
Jacob Rothschild dalam sebuah acara di Clarence House, London, Inggris Raya, 26 Juli 2012. (Sumber: Sang Tan/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Baron generasi kelima dari dinasti bankir Rothschild, Jacob Rothschild, meninggal dunia pada usia 87 tahun pada Senin (26/2/2024). Kabar meninggalnya Jacob Rothschild disiarkan oleh pihak keluarga.

"Ayah kami, Jacob adalah sosok yang besar dalam kehidupan banyak orang, seorang penyandang dana yang ulung, pembela kebudayaan dan seni, pelayan publik yang setia, pendukung niat-niat baik dalam kebudayaah Yahudi dan Israel, pecinta lingkungan yang tekun, serta seorang kakek, ayah, dan teman yang dicintai," demikian keterangan pihak keluarga dikutip Associated Press.

Baca Juga: Profil Agus Martowardojo, Bankir Kawakan pernah Jadi Gubernur BI, Menkeu, Kini Komut PLN dan GoTo

"Dia akan dimakamkan sesuai adat Yahudi dengan peringatan sederhana oleh keluarga dan akan ada acara peringatan di kemudian hari untuk merayakan kehidupannya."

Profil Jacob Rothschild

Nathaniel Charles Jacob Rothschild merupakan anak dari Victor Rothschild, bagian dari dinasti bankir Rothschild di Inggris Raya. Jacob adalah generasi keempat keluaraga Rothschild Inggris yang menyandang gelar kebangsawanan.

Jacob Rothschild memulai kariernya di bank keluarga, NM Rothschild & Sons pada 1963. Jacob Rothschild memilih keluar untuk mendirikan bisnis sendiri dan lembaga amal.

Setelah meninggalkan bank keluarga, Jacob Rothschild memimpin firma Rothschild Investment Trust, kini bernama RIT Capital Partners. Firma itu adalah investment trust terbesar di Bursa Saham London hingga 2019.

Jacob Rothschild turut mendirikan J Rothschild Assurance Group, kini bernama St James’s Place bersama Mark Weinberg pada 1980. Dia pernah menjadi eksektutif di televisi Sky.

Di bidang kebudayaan, Jacob Rothschild menjadi salah satu anggota dewan komisaris Galeri Nasional London dan ketua National Lottery Heritage Fund.
Jacob Rothschild menikah dengan Serena, yang meninggal pada 2019, dan dikaruniai empat anak, Hannah , Beth, Emily, dan Nat.


 

Nat Rothschild atau Nathaniel Philip Victor James Rothschild sempat menuai perhatian di Indonesia karena berselisih dengan keluarga Bakrie terkait perusahaan tambang PT Bumi Resources Tbk pada 2012 dan 2013 silam.

Baca Juga: Tentara Israel Pamer Barang Jarahan dari Palestina, Pelapor PBB: Tragedi bagi Yahudi Juga


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x