Kompas TV internasional kompas dunia

Israel akan akan Cegah Warga Menyelamatkan Diri ke Gaza Utara Saat Menyerang Rafah

Kompas.tv - 18 Februari 2024, 22:00 WIB
israel-akan-akan-cegah-warga-menyelamatkan-diri-ke-gaza-utara-saat-menyerang-rafah
PM Israel Benjamin Netanyahu akan mempresentasikan rencana serangan pasukan kepada kabinetnya minggu depan, yang melibatkan pemindahan warga Palestina di Rafah ke wilayah tengah dan selatan Jalur Gaza, dan tentara Israel tidak akan membiarkan warga Palestina menyelamatkan diri ke wilayah utara Jalur Gaza. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

ANKARA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu akan mempresentasikan rencana serangan pasukan kepada kabinetnya minggu depan, yang melibatkan "pemindahan warga Palestina di Rafah ke wilayah tengah dan selatan Gaza," dan "tentara Israel tidak akan membiarkan warga menyelamatkan diri ke wilayah utara Jalur Gaza."

Media Israel Channel 12, Sabtu (17/2/2024) mengutip pernyataan Anggota Kabinet Perang Benny Gantz, meminta agar perang di Gaza terus berlanjut bahkan selama bulan suci Ramadan dan diperluas ke Rafah jika tawanan Israel di Gaza tidak dilepaskan.

"Mereka yang ingin mencegah kita beroperasi di Rafah pada dasarnya memberi perintah pada kita untuk kalah perang. Saya tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Kita tidak akan tunduk pada tekanan apa pun," kata Netanyahu, Sabtu (17/2).

Adapun Israel telah mengumumkan niatnya untuk menyerang Rafah yang padat penduduk, di mana lebih dari 1,4 juta warga Palestina yang sudah dipindahkan secara paksa dari utara ke selatan, mengklaim itu adalah "zona aman."

Amerika Serikat (AS) pun telah memperingatkan bahwa mereka tidak akan mendukung operasi besar IDF di Rafah kecuali atau sampai jelas bahwa langkah-langkah telah diambil untuk memastikan keselamatan warga sipil yang berlindung di sana.

Netanyahu mengatakan Israel juga tidak akan menyerah pada dikte internasional mengenai kesepakatan masa depan dengan Palestina.

"Kesepakatan akan dicapai hanya melalui pembicaraan langsung antara kedua belah pihak, tanpa syarat sebelumnya," ujarnya.

Baca Juga: Israel Tuding Hamas Ambil Bantuan PBB di Gaza, Utusan AS: Tidak Ada Bukti

Seorang ayah warga Palestina memegang jari jenazah anaknya yang tewas dibunuh Israel di Khan Younis, Senin, (22/1/2024). (Sumber: AP Photo)

Dia juga menyatakan akan terus menentang keras pengakuan sepihak atas kemerdekaan Palestina.

Netanyahu mengecam gagasan negara-negara memberikan pengakuan semacam itu, mengatakan tidak akan ada hadiah yang lebih besar bagi teror daripada melakukannya setelah serangan pada 7 Oktober 2023. Dia mengatakan itu juga akan mencegah kesepakatan perdamaian di masa depan.

Menurut Netanyahu, serangan teror mematikan di selatan Israel menunjukkan seluruh negara adalah garis depan perang.

"Kemenangan ini ada di depan mata," imbuh Netanyahu mengenai perjuangan melawan Hamas.



Sumber : Anadolu / Times of Israel


BERITA LAINNYA



Close Ads x