Kompas TV internasional kompas dunia

Pakistan Gelar Pemilu Nasional Hari Ini, Berikut Calon Pemimpin dari Tokoh Politik yang Berpengaruh

Kompas.tv - 8 Februari 2024, 06:06 WIB
pakistan-gelar-pemilu-nasional-hari-ini-berikut-calon-pemimpin-dari-tokoh-politik-yang-berpengaruh
Spanduk kandidat pemilu dari partai politik dipajang di pasar di pusat kota Rawalpindi, Pakistan, Selasa, 6 Februari 2024. Lebih dari 120 juta pemilih di Pakistan akan memilih parlemen baru pada hari Kamis. Pemilu ini merupakan pemilu ke-12 dalam 76 tahun sejarah negara tersebut (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Pakistan menggelar pemilihan umum (pemilu) nasional hari ini, Kamis, (8/2/2024). 

Pemilu di Pakistan digelar ketika negara itu sedang berjuang untuk lepas dari krisis ekonomi dan ketidakpastian politik.

Terutama setelah penggulingan mantan Perdana Menteri Imran Khan pada tahun-tahun lalu (2022).

Pada perhelatan pemilu kali ini muncul sejumlah tokoh politik yang berusaha ingin memimpin negara tersebut.

Berikut beberapa fakta tentang tokoh politik utama yang berusaha memimpin negara berpenduduk 241 juta jiwa ini.

  1. Nawaz Sharif

Menurut para analis di sana, mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif dianggap sebagai kandidat utama untuk memimpin negara tersebut, setelah berhasil mengubur konflik panjangnya dengan militer yang kuat.

Pemimpin berusia 74 tahun dari partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) dan mantan perdana menteri tiga periode kembali dari pengasingan diri empat tahun di Inggris akhir tahun lalu, setelah mengikuti pemilihan terakhir dari sel penjara.

Vonisnya atas kasus korupsi - yang ia bantah - dan larangan seumur hidup dari politik dibatalkan oleh pengadilan. Pihak partainya mengatakan bahwa tujuannya adalah menjadi perdana menteri untuk keempat kalinya guna menghidupkan kembali ekonomi yang mengendalikan inflasi melonjak.

Namun, ada pertanyaan tentang kesehatannya dan kesediaannya untuk memimpin pemerintahan jika partainya tidak mendapatkan mayoritas mutlak dan harus berkoalisi.

Baca Juga: 29 Orang Tewas dalam Dua Serangan Bom di Pakistan, Sehari Jelang Pemilu

Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif, tengah, dan putrinya Maryam Nawaz, kanan, melambai kepada para pendukung mereka saat tiba untuk kampanye pemilu di Hafizabad, Pakistan, Kamis, 18 Januari 2024. Lebih dari 120 juta pemilih di Pakistan bisa memilih parlemen baru pada hari Kamis. Pemilu ini merupakan pemilu ke-12 dalam 76 tahun sejarah negara tersebut (Sumber: AP Photo)

Maryam Nawaz Sharif

Putri Nawaz, dia memainkan peran berpengaruh dalam partai PML-N, dan dihadirkan oleh ayahnya sebagai pewaris politiknya. Dia adalah wakil presiden senior partai tersebut.

Maryam, 50 tahun, dipenjara bersama ayahnya sebelum pemilu 2018 atas tuduhan korupsi yang kemudian dibatalkan.

Dia sebelumnya tidak pernah menjabat, tetapi telah memimpin banyak unjuk rasa selama pengasingan diri ayahnya dan mendukungnya dalam kampanye belakangan ini.

Para analis mencatat bahwa dia telah menjadi pembicara utama dalam pertemuan politik PML-N daripada Nawaz.

Shehbaz Sharif

Adik laki-laki Nawaz, dia memimpin pemerintahan koalisi selama 16 bulan setelah penggulingan Imran Khan pada tahun 2022, hingga parlemen dibubarkan dan pemerintahan penjaga mengambil alih pada bulan Agustus untuk mempersiapkan pemilihan nasional.

Shehbaz Sharif, 72 tahun, sebelumnya menjabat sebagai kepala menteri Punjab, Provinsi terpadat Pakistan. Ia juga membantu Pakistan menghindari krisis keuangan tahun lalu, yakni dengan mencapai kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional, setelah negosiasi yang genting dan tertunda untuk paket bantuan lainnya.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x