Kompas TV internasional kompas dunia

PM Qatar Sebut Hamas Beri Respons Positif Proposal Gencatan Senjata dengan Israel

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 14:10 WIB
pm-qatar-sebut-hamas-beri-respons-positif-proposal-gencatan-senjata-dengan-israel
Tank Israel saat menyerbu Khan Younis di Gaza, Sabtu (27/1/2024). Di dekat tank adalah lokasi pemakaman yang dihancurkan Israel. Di bawah hukum internasional, pemakaman dan situs keagamaan mendapatkan perlindungan khusus, menghancurkannya dapat dianggap sebagai kejahatan perang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DOHA, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Qatar Syaikh Muhammad bin Abdulrahman bin Jassim Al-Thani menyatakan bahwa Hamas memberi respons positif atas proposal gencatan senjata dengan Israel oleh mediator. Gencatan senjata antara Hamas dan Israel sendiri ditengahi oleh Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat (AS).

Saat menggelar konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Doha, Selasa (6/2/2024), Syaikh Jassim menyebut respons Hamas "secara umum positif". Namun, ia tidak membeberkan lebih detail mengenai jawaban Hamas.

Hamas sendiri telah menyatakan bahwa pihaknya telah meninjau proposal "kesepakatan senjata komprehensif dengan spirit positif", termasuk detail mengenai bantuan dan tempat perlindungan, proses rekonstruksi, pencabutan pengepungan Israel terhadap Jalur Gaza yang telah berlangsung 17 tahun, serta proses pertukaran tawanan.

"Kami harap ini akan membuahkan hasil sesegera mungkin," kata Syaikh Jassim dikutip Al Jazeera.

Baca Juga: Ekstremis Pemukim Yahudi Terus Halangi Bantuan ke Gaza, Korban Palestina Mencapai 27.478 Orang

Sementara itu, Blinken menilai kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dengan Israel sebagai langkah yang esensial. Blinken sendiri tengah melakukan safari kunjungan ke Timur Tengah dan dijadwalkan mengunjungi Israel pada Rabu (7/2).

Sebelumnya, Hamas menegaskan bahwa kesepakatan senjata harus memuat keputusan pasti mengenai akhir perang. Namun, Tel Aviv bersikeras akan melanjutkan perang hingga menghancurkan Hamas.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut pihaknya tengah mempelajari respons Hamas atas tawaran gencatan senjata tersebut.

"Jawaban Hamas sudah disampaikan mediator Qatar kepada Mossad (intelijen Israel). Detail-detailnya akan dievaluasi secara menyeluruh oleh semua pihak yang terlibat negosiasi," demikian keterangan Mossad via Kantor Perdana Menteri Israel.


Sejumlah narasumber yang mengetahui perundingan menyebut gencatan senjata dalam proposal akan berlangsung setidaknya 40 hari. Selama periode tersebut, Hamas disyaratkan untuk mengembalikan sandera warga sipil ke Israel.

Kemudian, Hamas akan diminta menyerahkan tentara dan mayat sandera sebagai ganti pembebasan masyarakat Palestina yang ditahan Israel.

Sejak Israel membalas serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu, satu-satunya gencatan senjata yang terjadi adalah gencatan sepakan pada November lalu. Hamas membebaskan 110 sandera selama periode itu sebagai ganti pembebasan 240 tahanan Palestina.

Serangan Israel sendiri sejauh ini telah membunuh 27.585 orang, lebih dari setengahnya perempuan dan anak-anak. Serangan Israel juga menimbulkan lebih dari 66.978 korban luka.

Selain itu, gempuran dan pengepungan total Israel membuat mayoritas penduduk Gaza kehilangan tempat tinggal dan kekurangan makanan, minuman, dan obat-obatan. Sebagian besar Gaza telah menjadi reruntuhan akibat gempuran Israel.

Baca Juga: Kekejaman Israel Berlanjut, Bunuh 127 Warga Palestina pada Pengeboman di Gaza

 



Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x