Kompas TV internasional kompas dunia

Jerman Bela Israel di ICJ, Ternyata Ekspor Senjatanya ke Rezim Zionis Naik sejak Serangan ke Gaza

Kompas.tv - 15 Januari 2024, 10:24 WIB
jerman-bela-israel-di-icj-ternyata-ekspor-senjatanya-ke-rezim-zionis-naik-sejak-serangan-ke-gaza
Ilustrasi. Ekspor senjata Jerman ke Israel meningkat sepuluh kali lipat pada 2023 jika dibandingkan tahun sebelumnya. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

BERLIN, KOMPAS.TV - Jerman terus menunjukkan dukungannya terhadap Israel, dan menegaskan siap membela rezim Zionis yang diseret ke Mahkamah Internasional PBB (International Court of Justice/ICJ) atas genosida di Gaza.

Israel tengah menghadapi gugatan dari Afrika Selatan dengan tuduhan melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Namun, Jerman yang merupakan sekutu Israel, dengan tegas menolak tuduhan bahwa rezim Zionis melakukan genosida di Gaza.

Baca Juga: Namibia Kecam Jerman yang Bela Israel: Pelaku Genosida Tidak Belajar dari Sejarahnya

Juru bicara pemerintah Jerman, Steffen Hebsetreit, mengatakan Berlin akan melakukan intervensi sebagai pihak ketiga di hadapan ICJ, berdasarkan pasal yang memperbolehkan negara-negara untuk meminta klarifikasi mengenai penggunaan konvensi multilateral.

Langkah ini memungkinkan Jerman mengajukan kasusnya sendiri ke pengadilan untuk menyatakan Israel tak melanggar Konvensi Genosida, dan tak melakukan atau bemaksud melakukan genosida.

Namun di balik pembelaan tersebut, ternyata ekspor senjata Jerman ke Israel meningkat pada 2023 jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan TRT World, November lalu, izin ekspor pertahanan termasuk senjata Jerman ke Israel sepanjang 2023, meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan 2022.

Menurut sumber pemerintah Jerman, Berlin menetapkan permintaan izin ekspor senjata ke Israel sebagai prioritas sejak serangan Hamas pada 7 Oktober.



Sumber : TRT World, Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x