Kompas TV internasional kompas dunia

Auckland Kota Besar Pertama Rayakan Tahun Baru Masehi, Sebagian Besar Dunia Bersiap Masuki 2024

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 20:18 WIB
auckland-kota-besar-pertama-rayakan-tahun-baru-masehi-sebagian-besar-dunia-bersiap-masuki-2024
Kota Auckland menjadi kota utama pertama yang menyambut tahun 2024 dengan meriah hari Minggu, (31/12/2023), dihiasi oleh pertunjukan kembang api yang memancar dari struktur tertinggi Selandia Baru, Sky Tower, dan pertunjukan cahaya di pusat kota. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

AUCKLAND, KOMPAS.TV - Kota Auckland menjadi kota utama pertama yang menyambut tahun 2024 dengan meriah hari Minggu, (31/12/2023), dihiasi oleh pertunjukan kembang api yang memancar dari struktur tertinggi Selandia Baru, Sky Tower, dan pertunjukan cahaya di pusat kota.

Perayaan Tahun Baru tahun ini diramaikan oleh perang yang terus berlanjut di Ukraina dan Gaza, yang telah menaungi kegembiraan dan meningkatkan ketegangan di berbagai belahan dunia. Banyak kota menyiapkan keamanan tambahan dan beberapa bahkan membatalkan acara Tahun Baru.

Di Auckland, hujan ringan sepanjang hari Minggu telah berhenti sesuai ramalan ketika tengah malam tiba di kota yang dihuni oleh 1,7 juta penduduk sebelum hitungan mundur dimulai pada layar digital yang terang di sekitar puncak menara komunikasi dan observasi setinggi 328 meter.

Dua jam kemudian Australia, Jembatan Sydney Harbour akan menjadi pusat perhatian pertunjukan kembang api dan pertunjukan cahaya tengah malam yang terkenal, disaksikan setiap tahun oleh sekitar 425 juta orang di seluruh dunia, menurut otoritas kota.

Lebih banyak polisi dari biasanya dikerahkan di seluruh Sydney untuk memastikan keamanan karena lebih dari 1 juta orang, setara dengan satu dari lima penduduk kota - berkumpul di tepi air pelabuhan untuk mendapatkan pemandangan terbaik, demikian pernyataan otoritas pemerintah negara bagian.

Banyak penikmat perayaan Tahun Baru telah berkemah di titik pandang terbaik sejak Minggu pagi.

Tepi air telah menjadi tempat protes pro-Palestina yang sengit setelah layar Opera House Sydney diterangi dengan warna bendera Israel sebagai tanggapan atas serangan kelompok militan Palestina, Hamas, pada 7 Oktober yang memicu perang.

Di Times Square New York, pejabat dan penyelenggara pesta mengatakan mereka telah menyiapkan diri untuk menyambut kerumunan penonton dan memastikan keamanan mereka.

Pada briefing keamanan Jumat, Wali Kota New York Eric Adams mengatakan tidak ada "ancaman spesifik" terhadap pesta Tahun Baru tahunan yang diharapkan akan menarik puluhan ribu orang ke pusat kota Manhattan.

Baca Juga: Negara Bagian New York Tetapkan Tahun Baru Imlek Jadi Hari Libur Sekolah Negeri

Kembang api di Sydney Harbor, Minggu, (31/12/2023). Kota Auckland menjadi kota utama pertama yang menyambut tahun 2024 dengan meriah hari Minggu, (31/12/2023), dihiasi oleh pertunjukan kembang api yang memancar dari struktur tertinggi Selandia Baru, Sky Tower, dan pertunjukan cahaya di pusat kota. (Sumber: AP Photo)

Acara yang dipenuhi selebriti itu akan mencakup pertunjukan langsung dari Flo Rida, Megan Thee Stallion, dan LL Cool J, serta penampilan di televisi dari Cardi B dan lainnya.

Penyelenggara mengatakan kehadiran langsung diharapkan kembali ke tingkat pra-COVID, meskipun lalu lintas pejalan kaki di sekitar Times Square tetap sedikit berkurang sejak pandemi.

Di tengah protes hampir setiap hari di New York yang dipicu oleh perang Israel-Hamas di Gaza, polisi mengatakan mereka akan memperluas batas keamanan di sekitar pesta, menciptakan "zona penyangga" yang memungkinkan mereka untuk mencegah demonstrasi potensial.

"Kami akan berada di sini dengan anjing kami, berkuda, helikopter, perahu kami," kata Adams. Pejabat juga akan memantau protes dengan drone, katanya. "Tetapi seperti yang kita lihat tahun lalu, setelah tidak ada ancaman spesifik, kita mendapat ancaman."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x