Kompas TV internasional kompas dunia

Negara Bagian New York Tetapkan Tahun Baru Imlek Jadi Hari Libur Sekolah Negeri

Kompas.tv - 11 September 2023, 12:26 WIB
negara-bagian-new-york-tetapkan-tahun-baru-imlek-jadi-hari-libur-sekolah-negeri
Gubernur New York Kathy Hochul menandatangani undang-undang pada 9 September 2023 untuk menyatakan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur sekolah umum di seluruh negara bagian New York. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV- Negara bagian New York, Amerika Serikat, resmi menetapkan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur sekolah negeri di seluruh negara bagian tersebut. Undang-Undang soal libur Imlek ini ditandatangani oleh Gubernur New York Kathy Hochul pada Sabtu (9/9/2023).

Hochul mengatakan, semua sekolah negeri diharuskan tutup selama liburan Tahun Baru Imlek agar ratusan ribu siswa keturunan Asia dapat merayakan festival tersebut.

Baca Juga: Bagi-Bagi PS5 Berujung Kerusuhan Massal, Youtuber AS Didakwa hingga Wali Kota New York Prihatin

"Dengan menetapkan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur resmi sekolah, kita mengambil langkah signifikan dalam mengakui pentingnya komunitas Warga Keturunan Asia dan Kepulauan Pasifik (Asian American Pacific Islander/AAPI) di New York serta melimpahnya keberagaman yang membuat New York begitu hebat," kata Hochul dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari Antara, Senin (11/9).

Sebelum ada aturan itu, para orangtua harus memilih antara anak mereka bolos sekolah atau tidak menghadiri perayaan Imlek di keluarga. Padahal, tahun Baru Imlek adalah festival paling penting bagi warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia.

"Ini bukan sekadar hari libur sekolah, ini merupakan kesempatan bagi anak-anak kita untuk belajar dan merayakan budaya serta tradisi yang berbeda atau milik mereka sendiri," ujar Hochul.

Baca Juga: Momen Luhut Bikin Heran Wartawan The New York Times saat Jelaskan Hilirisasi Nikel

Sebelumnya, pada 2016 New York City atau Kota New York sudah lebih dulu menerapkan aturan tersebut. Imlek bersama Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri, ditetapkan sebagai hari libur bagi sekolah negeri di kota tersebut. Saat itu,Wali Kota New York dijabat oleh Bill de Blasio.


 

Di tahun 2023 ini, Senat Negara Bagian New York juga menyetujui kebijakan yang mengizinkan mahasiswa di kampus-kampus universitas untuk merayakan Tahun Baru Imlek tanpa dijatuhi sanksi. Adapun Tahun Baru Imlek berikutnya akan jatuh pada 10 Februari 2024.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x