Kompas TV internasional kompas dunia

Bagi-Bagi PS5 Berujung Kerusuhan Massal, Youtuber AS Didakwa hingga Wali Kota New York Prihatin

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 17:30 WIB
bagi-bagi-ps5-berujung-kerusuhan-massal-youtuber-as-didakwa-hingga-wali-kota-new-york-prihatin
Rekaman kerusuhan di Union Square New York, Amerika Serikat (AS) usai seorang youtuber membuat acara bagi-bagi PS5 berujung kerusuhan massal, Jumat (4/8/2023). (Sumber: Twitter Bruce Schaff)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV - Influencer asal Amerika Serikat (AS), Kai Cenat menghadapi dakwaan pengadilan usai acara bagi-bagi PlayStation 5 yang digelarnya memicu kerusuhan massal di New York, Jumat (4/8/2023) kemarin. Acara bagi-bagi PS5 Cenat berbuah kerusuhan yang menimbulkan sejumlah orang terluka dan puluhan ditangkap.

Cenat sendiri sempat ditangkap polisi lalu dilepaskan pada Sabtu (5/8). Influencer dengan pengikut jutaan orang di Twitch dan Youtube ini dijadwalkan menjalani sidang pada 18 Agustus mendatang.

Cenat pun menghadapi dakwaan berupa pasal penghasutan kerusuhan dan promosi perkumpulan melanggar hukum. Rekaman acaranya yang menimbulkan kerusuhan juga sempat viral di media sosial.

Baca Juga: YouTuber Bagi-Bagi PlayStation 5 Gratis, Malah Picu Kerusuhan dan Akhirnya Ditahan Polisi

Pengumuman bagi-bagi alat elektronik, termasuk PS5, oleh Kai Cenat membuat ribuan orang memadati Union Square New York pada Jumat (4/8) kemarin. Massa kemudian berebut barang sehingga menimbulkan kerusuhan.

Banyak di antara mereka saling pukul dan melempar botol. Banyak di antara massa yang masih remaja.


Polisi menyebut 65 orang ditangkap dalam kerusuhan ini, 30 di antaranya masih di bawah umur. Pihak terkait juga menyebut beberapa orang terluka, beberapa dengan wajah penuh darah. Kerusuhan ini menyebabkan setidaknya empat orang mesti dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans. 

Berbagai pihak menyorot pengaruh negatif influencer media sosial usai insiden tersebut. Wali Kota New York Eric Adams bahkan menyampaikan keprihatinan terkait pengaruh media sosial terhadap remaja.

"Anak-anak kita tidak boleh dibesarkan oleh media sosial," kata Eric Adams dalam konferensi pers tentang insiden berbeda sebagaimana dikutip The Guardian, Sabtu (6/8).

Kai Cenat sendiri memiliki banyak fans di platform streaming. Ia memiliki 6,5 juta pengikut di platform Twitch dan 4 juta pelanggan di platform Youtube.

Baca Juga: Buronan 11 Tahun Ditangkap Gegara Ketahuan saat Rayakan Kemenangan Tim Sepak Bola


 



Sumber : The Guardian

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.