Kompas TV internasional kompas dunia

Perempuan yang Memiliki Dua Rahim Melahirkan Bayi Kembar pada Hari yang Berbeda

Kompas.tv - 24 Desember 2023, 12:10 WIB
perempuan-yang-memiliki-dua-rahim-melahirkan-bayi-kembar-pada-hari-yang-berbeda
Kelsey Hatcher, perempuan dari Alabama, Amerika Serikat, yang terlahir dengan dua rahim, berhasil melahirkan anak kembar perempuan dari masing-masing rahimnya pada hari yang berbeda. (Sumber: University of Alabama)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kelsey Hatcher, perempuan dari Alabama, Amerika Serikat, yang terlahir dengan dua rahim, berhasil melahirkan anak kembar perempuan dari masing-masing rahimnya pada hari yang berbeda.

"Bayi ajaib kita telah lahir!" tulis Kelsey, 32 tahun, yang mendokumentasikan kisahnya lewat akun Instagramnya, @doubleuhatchlings, seperti dilaporkan Straits Times, Sabtu (23/12/2023).

Kelsey mengetahui dirinya menderita uterus didelphys sejak usia 17 tahun. Uterus didelphys merupakan kondisi bawaan langka yang diperkirakan hanya dialami sekitar 0,3 persen dari populasi perempuan.

Setelah 20 jam persalinan yang digabungkan, dia melahirkan dua bayi perempuan. Baby A lahir pada 19 Desember dan Baby B lahir pada 20 Desember.

Bagi Kelsey dan keluarganya, kejadian langka ini berarti dua rahim, dua kali persalinan, dua bayi, dan dua ulang tahun.

“Tidak pernah dalam mimpi liar kami bisa merencanakan kehamilan dan persalinan seperti ini; tetapi membawa kedua bayi perempuan kami ke dunia ini dengan selamat selalu menjadi tujuan, dan UAB (University of Alabama at Birmingham, red) membantu kami mencapainya,” katanya.

“Sepertinya pantas mereka memiliki dua ulang tahun. Mereka masing-masing memiliki 'rumah' mereka sendiri, dan sekarang keduanya memiliki cerita kelahiran yang unik.”

Kelsey mengatakan kedua bayi perempuan tersebut "memutuskan mereka cukup langka secara statistik sehingga sebaiknya punya hari ulang tahun mereka sendiri".

Yang pertama bernama Roxi Layla, lahir pada 19 Desember pukul 19.49. Dia kemudian disusul oleh Rebel Laken pada 20 Desember pukul 06.09.

Baca Juga: Luar Biasa, Perempuan Arab Saudi Melahirkan 10 Bayi Kembar Secara Normal

Kelsey Hatcher, perempuan dari Alabama, Amerika Serikat, yang terlahir dengan dua rahim, berhasil melahirkan anak kembar perempuan dari masing-masing rahimnya pada hari yang berbeda. (Sumber: Facebook/University of Alabama)

Meskipun dokter memperkirakan tanggal kelahiran menjelang Natal, kedua saudara perempuan ini datang tepat waktu untuk berada di rumah bersama keluarga mereka menjelang liburan.

Ibu dan anak-anak perempuan tersebut sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Kelsey berjanji akan membagikan rincian tentang proses persalinan tersebut di masa depan.

Sementara itu, uterus didelphys terjadi ketika saluran Müllerian gagal menyatu dan kemudian membentuk dua rongga rahim, sering disebut sebagai "tanduk".



Sumber : Straits Times/University of Alabama


BERITA LAINNYA



Close Ads x