Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Houthi Atas Kapal di Laut Merah Bikin Barat Kebakaran Jenggot dan Bertindak: Ini Kenapa

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 07:15 WIB
serangan-houthi-atas-kapal-di-laut-merah-bikin-barat-kebakaran-jenggot-dan-bertindak-ini-kenapa
Fregat Prancis Languedoc di Selat Hormuz. Aksi serangan kelompok Houthi Yaman terhadap kapal komersial di Laut Merah mengubah arus perdagangan global dari jalur maritim vital barang konsumen dan pasokan energi, diprediksi akan memperparah rantai pasokan global, menyebabkan keterlambatan pengiriman dan kenaikan harga. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Aksi serangan oleh kelompok Houthi Yaman terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah telah mengubah arus perdagangan global dari jalur maritim vital untuk barang konsumen dan pasokan energi.

Perubahan ini diprediksi akan makin memperparah kondisi rantai pasokan global, menyebabkan keterlambatan pengiriman dan kenaikan harga.

Minyak, gas alam, biji-bijian, hingga mainan dan elektronik biasanya melintasi jalur laut yang memisahkan Afrika dan Semenanjung Arab menuju Terusan Suez, tempat lewatnya 12% perdagangan dunia.

Beberapa perusahaan pengiriman kontainer terbesar di dunia, termasuk raksasa minyak BP, telah mengarahkan kapal-kapal mereka pada perjalanan yang lebih panjang untuk menghindari Laut Merah.

Menghadapi dampak yang semakin besar terhadap perdagangan global, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya membentuk kekuatan baru untuk melindungi kapal.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang serangan terbaru dan dampaknya terhadap pengiriman global:

Alasan Kelompok Houthi Menyerang Kapal-Kapal yang Melintas di Laut Merah

Houthi adalah kelompok yang didukung Iran dan merebut ibu kota Yaman, Sanaa, tahun 2014, memicu perang melawan koalisi yang dipimpin Arab Saudi yang bertujuan mengembalikan pemerintahan.

Houthi secara sporadis menyerang kapal-kapal di wilayah Laut Merah, tetapi serangan tersebut meningkat sejak dimulainya perang Israel-Hamas. Mereka menggunakan drone dan rudal anti-kapal untuk menyerang kapal, bahkan dalam satu kasus menggunakan helikopter untuk menaiki dan merebut kapal yang dimiliki oleh Israel beserta krunya.

Ancaman mereka meluas, mencakup setiap kapal yang dianggap pergi atau datang dari Israel. Hal ini meningkat menjadi tampaknya setiap kapal, termasuk kapal-kapal kontainer dan kapal tanker minyak yang benderanya dari negara seperti Norwegia dan Liberia, yang menjadi sasaran serangan atau menarik tembakan rudal.

Houthi juga menggunakan radio untuk menyapa kapal-kapal, mencoba meyakinkan mereka untuk mengubah arah lebih dekat ke wilayah yang mereka kuasai.

Baca Juga: Houthi Yaman Tak Takut Satgas Pengaman Laut Merah AS, Bakal Serang Kapal Terkait Israel Tiap 12 Jam

Pemimpin Houthi Yaman, Abdulmalik Al-Houthi. Aksi serangan kelompok Houthi Yaman terhadap kapal komersial di Laut Merah mengubah arus perdagangan global dari jalur maritim vital barang konsumen dan pasokan energi, diprediksi akan memperparah rantai pasokan global, menyebabkan keterlambatan pengiriman dan kenaikan harga. (Sumber: Arab News)

Alasan Laut Merah Penting untuk Jalur Rantai Pasok Global

Laut Merah memiliki Terusan Suez di ujung utara dan Selat Bab el-Mandeb yang sempit di ujung selatan yang membuka jalan ke Teluk Aden. Ini adalah jalur air yang sibuk, dengan kapal yang melintasi Terusan Suez untuk membawa barang antara Asia dan Eropa, serta sekitarnya.

Faktanya, 40% perdagangan Asia-Eropa biasanya melewati daerah ini, termasuk sejumlah besar pasokan energi seperti minyak dan bahan bakar diesel untuk Eropa yang bergantung pada impor, kata John Stawpert, manajer senior lingkungan dan perdagangan untuk International Chamber of Shipping, yang mewakili 80% dari armada komersial dunia.

Demikian juga dengan produk makanan seperti minyak kelapa sawit dan biji-bijian, serta segala sesuatu yang dibawa dengan kapal kontainer, mencakup sebagian besar produk manufaktur dunia.

Secara total, sekitar 30% dari lalu lintas kontainer global dan lebih dari 1 juta barel minyak mentah per hari biasanya melalui Terusan Suez, menurut platform pemesanan pengiriman barang global, Freightos Group.

Baca Juga: Arab Saudi Tak Sejalan dengan AS Perangi Houthi, Terpecah dengan Negara Tetangganya

Peta Laut Merah. Aksi serangan kelompok Houthi Yaman terhadap kapal komersial di Laut Merah mengubah arus perdagangan global dari jalur maritim vital barang konsumen dan pasokan energi, diprediksi akan memperparah rantai pasokan global, menyebabkan keterlambatan pengiriman dan kenaikan harga. (Sumber: AP Graphics)

Bagaimana Serangan Houthi Mempengaruhi Perdagangan Global

Perusahaan pengiriman kontainer besar seperti MSC, Maersk, CMA CGM Group, dan Hapag-Lloyd, antara lain, menghindari Laut Merah dan mengarahkan kapal-kapal mereka melewati sekitar Afrika dan Tanjung Harapan di ujung selatan Afrika.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x